PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Mengapa Petani Sapi di Minahasa Selatan Merindukan BPTP Sulawesi Utara?.




 Manado, 25 Agustus 2020.---Inovasi Teknologi Tiada Henti, itu menjadi spirit para pengkaji di BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara, ketika beraktivias ditengah keterbatasan new normal pandemic Covid-19.

Steivie Karouw,S.TP.MSc., menuturkan bahwa, dalam kondisi ini, kegiatan penelitian pengkajian (Giat Litkaji) terus dioptimalkan sesua dengan apa yang telah direncanakan di tahun ini. Salah satu kegiatan yang terus bergiat di tengah pandemic Covid-19, adalah pendampingan petani ternak sapi di Desa Popoh kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan.

Karouw,apresiasi Giat Litkaji yang di motori oleh salah satu Peneliti Utama Peternakan di BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara. Betapa tidak, dari pantauan terlihat aktivitas petani yang terus berproduksi menggemukkan sapi dengan muatan Inovasi Teknologi (ITP) yang dihilirkan oleh Ir.Paulus C.Paat,MP.

Mulai dari produksi pakan local dengan ITP pengkayaan nutrisi untuk pakan sapi yang digemukkan oleh petani. Juga petani diajar teknologi pengolahan libah ternak menjadi pupuk untuk tanaman dan teknologi tatalaksana perkandangan.

Ketua kelompok tani Batu Kurung, Suryanto sangat berterima kasih atas pendampingan yang telah dilakukan BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara. Kami cukup merasakan manfaat dari ITP yang dihilirkan BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara.

Kami sangat berterima kasih pada BPTP, dan kami selalu merindukan pendampingan ini. Setiap kehadiran BPTP dalam hal ini Ir.Paulus C.Paat,MP., ada saja ilmu baru yang kami dapat dan ketika kami lakukan sangat bermanfaat bagi kami.

Lanjut Ato, kami mengenal pakan ramuan BPTP sangat bermanfaat. Selama ini yang menjadi masalah bagi kami seperti limbah pertanian dan sekam padi, dengan ITP BPTP Balitbangtan Sulut, dapat dimanfaatkan kembali untuk pengemukan ternak, luar biasa, tutup Anto.

Kegiatan ini, sudah berdampak luas di masyarakat. Dari pantauan tim Humas sudah tereplikasi di beberapa kabupaten di Sulawesi Utara. Demikian dari luar Sulawesi Utara juga sudah beberapa yang datang belajar di kelompok ini. Seperti binaan PT. Aneka Tambang dari Halmahera Timur, juga perna belajar di kelompok ini.

Kegiatan yang disandingkan dengan kegiatan monitoring dan supervis di hadiri Peneliti Balitbangtan Penyuluh Daerah, Camat, Hukum Tua Danramil dan anggota petani Milenial.(#Artur).

Sumber: Humas-PPID BPTP Sulut.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset