PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Karouw Hilirkan Eucalyptus Pada Awak Media di Sulawesi Utara




 .--- Srikandi Sulawesi Utara, Dr.Steivie karouw S.TP.MSc., Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara, terus bumikan karya anak bangsa dalam setiap kesempatan.

Saat didaulat berbicara pada acara Kehumasan di Barantan Kelas I Manado yang dikemas dalam acara coffe morning Kehumasan, beliau jelaskan tugas dan fungsi (Tusi) BPTP Balitbangtan di Sulawesi Utara. BPTP Balitbangtan yang ada di Sulawesi Utara bekerja hasilkan Inovasi Teknologi Pertanian (ITP) spesifik lokasi, hasil dari para inventor pertanian di Republik ini.

Jelas Karouw, Balitbangtan sebagai salah satu unit eselon satu di bawah Kementerian Pertanian (Kemtan), memiliki mandat melakukan penelitian dan pengembangan pertanian untuk anak bangsa. Termasuk meneliti potensi Eucalyptus yang termasuk jenis tanaman atsiri.

Saat awal Pandemi Balitbangtan melalui unit kerjanya yang memiliki mandat meneliti bidang tanaman rempah obat dan atsiri menginventarisir beberapa tanaman potensial sebagai peningkat imunitas dan juga antivirus. Data-data diperoleh dari sekitar 50 tanaman hasil Sumberdaya Alam Indonesia yang diidentifikasi dan lebih 20 tanaman yang sudah diekstraksi dan diketahui bahan aktifnya, tutur Steivie menutup percakapannya saat mengikuti coffe morning.

Selanjutnya diserahkan dan dikalungkan Eucalyptus oleh Kepala Karantina Pertanian Kelas I Manado kepada Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut, Dikalungkan juga oleh Kepala Balit Palma kepada Kadis Perkebunan Sulut Ir.Refly Ngantung dan Kepala BPTP Balitbangtan Sulut mengalungkan kepada Kepala Dinas Perdagangan Sulut.

Kolaborasi 3 Unit Kerja (UK) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian di Sulawesi Utara: Balitpalma,Barantan dan ‘adik’ mereka BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara, mendapat apresiasi dari para awak media yang hadir. Hal ini karena jarang didapat tutur mereka. Dan ini menjadi lebih menarik, karena juga dapat menggandeng Dinas Pertanian dan Peternakan Dinas Perkebunan dan Dinas Perdagangan Sulut, masing-masing didampingi petugas Kehumasan.(#Artur)

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset