PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Produk Karya Anak Bangsa "Eucalyptus" Diterima Walikota Bitung




Bitung, 13 Juli 2020.---Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, SE.MSi., menyambut baik produk Anak Bangsa disaat pandemic Covid-19. Produk kalung eucalyptus, inhaler, roll on dan oil diffuser, yang dapat menghambat pembiakembang virus corona. Beliau apresiasi Kementerian Pertanian yang persembahkan solusi bagi masyarakat yang diancam oleh Covid-19.

Lomban, berharap agar produk ini cepat dihasilkan dan beliau siap mengadakan dalam jumlah besar untuk aparatur dan masyarakat, tuturnya saat menerima produk yang diserahkan langsung oleh kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara (Sulut) Dr.Steivie Karouw,STP.MSc., di ruang kerja beliau.

Karouw menjelaskan bahwa; Balitbangtan sebagai salah satu unit eselon satu di bawah Kementerian Pertanian (Kemtan), memiliki mandate melakukan penelitian dan pengembangan pertanian untuk anak bangsa. Termasuk meneliti potensi Eucalyptus yang termasuk jenis tanaman atsiri.

Saat awal Pandemi Balitbangtan melalui unit kerjanya yang memiliki mandate meneliti bidang tanaman rempah obat dan atsiri menginventarisir beberapa tanaman potensial sebagai peningkat imunitas dan juga antivirus. Data-data diperoleh dari sekitar 50 tanaman hasil Sumberdaya Alam Indonesia yang diidentifikasi dan lebih 20 tanaman yang sudah diekstraksi dan diketahui bahan aktifnya, tutur Steivie.

Terdapat 5 bentuk sediaan yang dikembangkan yaitu: roll on, inhaler, balsam, minyak aroma therapy dan kalung aromatherapy dan sudah di daftar patenkan, dan sudah dilisensi oleh mitra industri dan kami dari Balitbangtan telah memesannya ke pihak mitra industri untuk di hilirkan, seperti yang kami serahkan saat ini, tutur Steivie menutup percakapannya dengan Walikota Bitung.

Selain memperkenalkan dan menghilirkan Inovasi Teknologi Pertanian (ITP) eucalyptus, Karouw juga memperkenalkan tugas dan fungsi BPTP Balitbangtan di Sulawesi Utara, hasilkan ITP Spesifik lokasi. Dan harapan beliau dapat disandingkan dengan program di kota Bitung, kedepanya.

Hadir dalam pertemuan Kadis Pertanian kota Bitung, Kasie Kerjasama Penelitian Pengkajian (KSPP) Victor Daniel Tutud,SPi. MSi. Koordintaor Programa dan Evaluasi/ Peneliti Dr.Ir.Jefni Bernedi Markus Rawung,MSi, Penyuluh Pertanian/ Humas PPID Arnold C.Turang,SP.. Serta Humas kota Bitung. (#artur).

Sumber: Arnold C.Turang

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset