PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

OPTIMALISASI PEMANFAATAN POMPA AIR MENDUKUNG PAT PADI SAWAH DI KAB. BOLAANG MONGONDOW




OPTIMALISASI PEMANFAATAN POMPA AIR MENDUKUNG PAT PADI SAWAH DI KAB. BOLAANG MONGONDOW

 
Bolmong, 5 – 6 September 2024
Dalam rangka optimalisasi pemanfaatan pompa air untuk percepatan realisasi Perluasan Areal Tanam (PAT) padi sawah di Kabupaten Bolaang Mongondow, Penanggung Jawab Lapangan Satuan Tugas Antisipasi Darurat Pangan Kabupaten Bolaang Mongondow Plt. Kepala BSIP Tanaman Industri Dr. Ir. Evi Savitri Iriani, M.Si bersama Tim BSIP Sulawesi Utara melakukan monitoring langsung ke lapangan.
 
Kegiatan diawali pertemuan dengan Kabid PSP Dinas Pertanian Kab. Bolaang Mongondow Veky S. Mado, S.Pt dan staf PSP Risnandar Modeong terkait penyaluran dan pemanfaatan pompa air yang telah tiba di Dinas Pertanian Kab. Bolmong. Terdapat 35 unit pompa air 3 inch Anggaran Belanja Refocusing (ABR) yang telah disalurkan dan dimanfaatkan kelompok tani. Selain itu terdapat juga 3 unit pompa air 3 inch untuk kelompok tani dan 15 unit pompa air 4 inch untuk Brigade Alsintan Kab. Bolmong Anggaran Belanja Tambahan (ABT) dalam proses pendistribusian.
 
Usai diskusi tim memonitoring pemanfaatan pompa air di Kec. Lolak yaitu Poktan “Diat II” Desa Diat, pemanfaatan 1 unit pompa air brigade 4 inch yang dapat mengairi lahan sawah seluas 20 ha dan Poktan “Tolomboyan” Desa Lolak 1 unit pompa air 3 inch yang dapat mengairi lahan sawah 15 ha.
 
Hari kedua tim menuju wilayah Dumoga Raya yaitu Poktan “Maesa” Desa Modomang Kec. Dumoga Timur, pemanfaatan 1 unit pompa air brigade 4 inch yang dapat mengairi lahan sawah seluas 30 ha. Selanjutnya pada Poktan “Sumber Mekar” Desa Mopuya Utara Kec. Dumoga Utara, pemanfaatan 1 unit pompa air brigade 4 inch yang mengairi lahan sawah 18 ha. Terakhir pemanfaatan 1 unit pompa air brigade 4 inch yang dapat mengairi lahan sawah 22 ha pada Poktan “Kembang Sari II” Desa Werdhi Agung Kec. Dumoga Tengah. Sebagaimana diskusi dengan Ketua Poktan diharapkan adanya tambahan bantuan pompa air 1 unit lagi untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan sawah yang ada.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset