PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

BSIP Sulut Kirim Staf ke BPSI Palma Memperdalam Teknik Pembuatan Poligon




BSIP Sulut Kirim Staf ke BPSI Palma Memperdalam Teknik Pembuatan Poligon 
 
Palma (5/9), Dua Staf BSIP Sulawesi Utara memperdalam tehnik penggunaan poligon di BPSI Palma, yaitu Nurul Hidayah Hasibuan dan Dina Sulistyo Wibowo. Iqbal Imam Maulana petugas data PAT Sulawesi Utara dari BPSI Palma menjelaskan tentang tehnik pembuatan poligon melalui program ArcGis.
 
Poligon dibutuhkan dalam pendataan pembuatan maping lahan dalam Kegiatan PAT. Pada akhir Bulan Agustus lalu, pelatihan poligon ini telah diselenggarakan secara hybrid oleh Pusdatin di Makassar.
 
Tehnik pengoperasian poligon bergantung pada ketersediaan signal untuk akses ke situs pengambilan datan dan pembuatan poligon. Selain sinyal, juga dibutuhkan komputer (PC) yang standar untuk kelancaran pembuatan poligon. 
 
Data yang perlu disiapkan dalam pembuatan poligon antara lain  foto lahan dengan pompanya/hanya lahan disertai koordinat, data KML, data poktan baik nama maupun luas lahannya. Pembuatan poligon didukung keberadaan data KML. Keberadaan data KML belum semuanya ready untuk Sulawesi Utara dan masih tahap penyelesaian oleh Petugas Data PAT & Pompanisasi Sulawesi Utara
 
Pembuatan poligon dilakukan melalui dua cara, yaitu cara dengan lahan yang tersedia pompa tetap dan lahan yang tidak terdapat pompa tetapnya/pompa dipindah-pindah. Pembuatan poligon untuk lahan terdapat pompa tetap diakses dari data lahan sawah tadah hujan. Sedangkan pada lahan dengan pompa berpindah bisa dari data lahan ladang/huma atau pompa yang dioperasikan oleh Tim Brigade Alsintan.
 
Diharapkan setiap LO harus bisa mengoperasikan pemetaan ini juga. Meski sebenarnya baiknya dilakukan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang terkait. Hambatan dalam pengisian data poligon adalah terbatasnya data yang tersedia dinas kabupaten/kota, seperti ID Pompa.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset