PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Tim ICARE BSIP Sulut Lanjutkan Pengecekan Kesiapan Koperasi Pengusul Matching Grant di Minahasa Utara




Tim ICARE BSIP Sulut Lanjutkan Pengecekan Kesiapan Koperasi Pengusul Matching Grant di Minahasa Utara

Minahasa Utara, 29 Agustus 2024 – Tim ICARE (BSIP) Sulawesi Utara (Sulut) melanjutkan pengecekan kesiapan koperasi yang mengajukan proposal Matching Grant di dua kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa koperasi yang mengusulkan Matching Grant telah memenuhi semua persyaratan administrasi dan siap melaksanakan rencana bisnis yang diajukan.
Pengecekan ini dilakukan di Kecamatan Kalawat dan Kecamatan Dimembe. Di Kecamatan Kalawat, pengecekan dilakukan pada Koperasi Anugrah Tani Mandiri dan Koperasi Makol Maju Bersama. Sementara itu, di Kecamatan Dimembe, koperasi yang dilakukan pengecekkan adalah Koperasi Kumeas Maesa Jaya dan Koperasi Pandawa Wanua Matungkas.
Koordinator Kegiatan ICARE Dr. Conny Manoppo, SP, M.Si yang memimpin pengecekan tersebut menyampaikan bahwa setiap koperasi harus segera menyelesaikan penyusunan proposal rencana bisnis yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan produksi dan mengembangkan usaha koperasi. Meskipun skala produksi masih kecil, ini menunjukkan keseriusan dan komitmen koperasi dalam menjalankan usaha mereka. Beliau juga menekankan pentingnya pembuatan proposal yang spesifik untuk setiap usaha (1 Usaha 1 Proposal) dan mengingatkan bahwa aset-aset koperasi harus tercatat dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.
Selain itu, harapan besar juga ditujukan pada produksi benih jagung oleh koperasi. Diharapkan benih jagung yang diproduksi memiliki harga jual yang kompetitif dan asal usul yang jelas, sehingga dapat bersaing dengan benih jagung lainnya di pasar. Pengawasan yang ketat terhadap anggota penerima benih dan pupuk juga menjadi perhatian penting dalam pelaksanaan program ini.
Pengecekan kelengkapan administrasi juga menjadi fokus kegiatan ini. Hasilnya menunjukkan bahwa hampir semua koperasi telah memiliki dokumen yang diperlukan untuk mengikuti program Matching Grant, yang merupakan persyaratan utama untuk mendapatkan dukungan dari program ICARE.
Kegiatan pengecekan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan BSIP Sulut dan program ICARE dalam mendukung koperasi-koperasi di Minahasa Utara untuk berkembang dan berkontribusi pada peningkatan produksi pertanian di wilayah tersebut.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset