PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

BSIP SULAWESI UTARA Lakukan percepatan Pemanfaatan Pompanisasi di Kabupaten Minahasa Tenggara




BSIP SULAWESI UTARA  Lakukan  Percepatan Pemanfaatan Pompanisasi di Kabupaten Minahasa Tenggara 

 
Jumat 26 Juli 2024, Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan percepatan program pompanisasi sebagai solusi dalam mengantisipasi kekeringan,  akibat terjadinya gelombang panas Global. Upaya tersebut telah dilakukan Kepala BSIP Sulawesi Utara,  Ir. Agussalim, MP sebagai Penanggung Jawab PAT dan Pompanisasi Kabupaten Minahasa Tenggara bersama tim, didampingi kepala Bidang PSP Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara Joice Tumigolung, SS, dan penyuluh  Kecamatan Silian Raya dan Ratahan Timur.  
 
Tim meninjau langsung pemanfaatan pompa di Desa Silian Barat Kecamatan Silian Raya oleh Kelompok Tani Sinar Abadi dengan ketua kelompok Pak Benni Wanga dengan jumlah anggota 15 orang. Luasan sawah  yang dapat diari kurang lebih 15 ha. Masih di Kecamatan Silian Raya, pemanfaaaan pompa di Desa Silian oleh Kelompok tani Pembaharuan dengan ketua kelompok pak Ronald Legi dengan jumlah anggota 15 orang. Pompa ini dapat mengairi sawah  seluas 12 ha. Kepala BSIP Sulawesi Utara terus mendorong dan menghimbau kepada dinas setempat dan jajarannya, para penyuluh di lapangan untuk mendampingi petani dalam pemanfaatan pompa sebagai bantuan dari pemerintah untuk peningkatan luas areal tanam padi. 
 
Selanjutnya kunjungan dilanjutkan di Desa Wioi Dua Kecamatan Ratahan timur pada kelompok tani  Makakayaan dengan Ketua Noch Sualang, dengan jumlah anggota 12 orang dan dapat mengairi sawah seluas 15 ha. 
 
Pada akhir kunjungan tim mengunjungi Kelompok tani Rindu Alam Agro yang ada di Desa Molompar Dua Kecamatan Tombatu Timur dengan ketua Dicky Ngantung dengan luas sawah  yang dapat diairi seluas 12 ha. Kepala BSIP Sulawesi Utara mengajak semua pihak untuk dapat bekerjasama dalam pemanfaatan pompanisasi.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset