PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Tim Satgas Darurat Pangan BSIP Sulawesi Utara Identifikasi Data Potensi PAT dan Pompanisasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan




Tim Satgas Darurat Pangan BSIP Sulawesi Utara Identifikasi Data Potensi PAT dan Pompanisasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

 
Sabtu, 22 Juni 2024
Penanggung Jawab kegiatan PAT dan Pompanisasi Provinsi Sulawesi Utara Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D melakukan kunjungan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan didampingi Kepala BPSI Tanaman Industri Dr. Ir. Tedy Dirhamsyah, M.Si, dari Dinas Pertanian Prov Sulut Kabid PSP Ir. Deilly Merry Kumendong, MAP, Tim dari BPSI Tanaman Palma dan Tim BPSIP Selawesi Utara. Kegiatan diawali dengan koordinasi di Dinas Pertanian Bolmong Selatan, tim disambut oleh Kepala Dinas Anas Kangiden, SP MSi, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Ivonne Takumansang, SP, Kabid PSP dan Penyuluhan Aswad Lalu, S. pd dan Penyuluh serta perwakilan TNI Babinsa setempat.
Dalam diskusi dengan Kadis bahwa Kab Bolmong Selatan telah menerima bantuan pompa 8 unit, TR2 sebanyak 7 unit dan TR4 sebanyak 10 unit dan sudah ada yag disalurkan ke petani namun sebagian masi dalam proses perakitan dan uji coba. Realisasi PAT untuk sawah tadah hujan dari target 149 sudah tercapai 196 ha sedangkan untuk padi gogo potensi 1.088 ha belum ada penanaman karena benih belum tersedia. 
Arahan dari Pak Kapus bahwa untuk realisasi sawah tadah hujan sudah tercapai maka perbaikan data ke Pusdatin segera dibuat dengan membagi untuk data potensi padi gogo yaitu target 1,088 ha sebagian dipindahkan ke sawah tadah hujan sehingga tidak merubah jumlah total target untuk Kab Bolmong Selatan. Ada sekitar 147 ha lahan sawah IP 1 dengan pompa yang sudah diterima diharapkan dapat meningkatkan produksi padi jadi IP 1.5 sampai IP 2 dari sebelumnya IP 1. Penyaluran dan uji coba alsintan yang diterima agar mendapat pengawalan dan pendampingan dari TNI dalam hal ini Babinsa setempat dan sebaiknya dibentuk Brigade Alsintan untuk mobilisasi pompa air dan traktor di petani. 
Untuk Sulut lanjut kabid Distan Prov ibu Merry akan mendapat tambahan pompa sebanyak 36 unit sehingga diharapkan dari kab/kota untuk dapat mengusulkan kebutuhan pompanya. Kegiatan dilanjutkan kunjungan ke petani dan uji coba pompa di Desa Nunuk Kecamatan Bolaang Uki Bolsel. Pompa yang diuji coba ukuran 3 inci bekerja dengan baik dan melayani sawah seluas 25 ha.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset