PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

BSIP Sulawesi Utara Laksanakan Pelatihan Teknis Good Agriculture Practices (GAP) Komoditas Kelapa dan Jagung Program ICARE Sulawesi Utara




BSIP Sulawesi Utara Laksanakan Pelatihan Teknis Good Agriculture Practices (GAP) Komoditas Kelapa dan Jagung Program ICARE Sulawesi Utara

 
Luley (20/5) Pelatihan teknis GAP kelapa dan jagung diikuti oleh 204 orang peserta petani dan perwakilan dari Dinas Pertanian Kab. Minahasa Utara dengan rincian laki-laki sebanyak 123 orang (60,29%) dan perempuan sebanyak 81 orang (39,71%). Peserta milenial sebanyak 65 orang atau sekitar 31,86% dari total peserta. 
 
Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala BSIP Sulawesi Utara, Ir Agussalim, MP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, diharapkan pengetahuan dan ketrampilan peserta meningkat sehingga kedepannya bisa menentukan sikap dalam mengelola usaha taninya. Ilmu yang disampaikan oleh narasumber baik dari BPSI Serealia, BPSI Palma, BPSB dapat diserap dan diaplikasikan di lapangan. Ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini digunakan untuk budidaya tanaman jagung dan kelapa. Kegiatan di lapangan didampingi oleh site manager dan fasilitator di lokasi ICARE yang berperan dalam memfasilitasi petani agar hasil dari usahatani jagung dan kelapa meningkat.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi. Materi pada sesi pertama yaitu Produksi Benih Jagung Hibrida Standar SNI 9283:2023 oleh dr. Amin Nur, SP, M.Si (Kepala BPSI Tanaman Serealia) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sertifikasi Benih Tanaman Jagung oleh Steven Kembuan, SP, M.Si (BPSB-TPH Provinsi Sulawesi Utara). Sedangkan sesi kedua materi yang disampaikan yaitu Teknologi Budidaya Kelapa oleh Engelbert Manaroinsong (BSIP Tanaman Palma) dan Good Agriculture Practice (GAP) Good Handling Practice (GHP) oleh dr. Amin Nur, SP, M.Si (Kepala BPSI Tanaman Serealia).
 
Kegiatan pelatihan ditutup dengan pengisian post-test oleh peserta pelatihan. Diharapkan materi yang disampaikan pada pelatihan hari pertama ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada peserta pelatihan.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset