PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

PIU BSIP SULUT GELAR Pelatihan Akuntansi dan Pembukuan Koperasi Petani




PIU BSIP SULUT GELAR Pelatihan Akuntansi dan Pembukuan Koperasi Petani 

 
Koperasi merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian nasional, terutama dalam mendukung kesejahteraan petani di daerah-daerah. Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan manajemen koperasi, diperlukan pelatihan yang berfokus pada akuntansi dan pembukuan. Hal ini menjadi krusial untuk memastikan koperasi dapat beroperasi secara efektif, transparan, dan akuntabel, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi anggotanya. Sejalan dengan tujuan tersebut, PIU ICARE Sulut menyelenggarakan kegiatan "Pelatihan Akuntansi dan Pembukuan Koperasi Petani" pada tanggal 17-18 Mei 2024 di Grand Luley Hotel. Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan Pengurus Koperasi Sekretaris dan bendahara 
Mewakili Kepala BSIP Sulawesi Utara Jany H. H. A. Sumampouw, S.Pi, Selaku Kasubag Tata Usaha menyampaikan agar seluruh peserta mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh serta memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya, berdiskusi, dan berbagi pengalaman, sehingga  dapat belajar dan berkembang bersama karena keberhasilan koperasi tergantung pada kontribusi dan kerjasama. 
Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Minahasa Utara yang diwakili oleh Cecilia bernadus, SP selaku Kepala Bidang Perkebunan, dalam sambutannya Cecilia mengatakan bahwa Pelatihan manajemen pembukuan merupakan hal yang sangat penting guna meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam bidang akuntansi dan pembukuan koperasi, sehingga mereka dapat mengelola keuangan koperasi dengan lebih baik.
Pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber berkompeten di bidangnya:
1. Clara Adrentje Polii, SE, M.Si dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara, yang membahas Manajemen Perkoperasian.
3. Novi Mewengkang, SE dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara, yang turut memberikan materi terkait.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset