PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

ToT Penyusunan Rencana Bisnis Koperasi Petani




 Lombok Tengah, 17 Mei 2024

 
Masih dalam rangkaian kegiatan ToT Penyusunan rencana Bisnis Koperasi Petani, peserta ToT termasuk tim PIU BSIP Sulut fieldtrip  ke koperasi ICARE di Kabupaten Lombok Tengah. Ada 2 koperasi yang dikunjungi yaitu koperasi Syariah Ngaro Ngaret Jaya Usaha dan Koperasi Syariah Petani Peternak Modern. Kedua koperasi  berbasis syariah karena mengutamakan sistem bagi hasil  melalui RAT. Bisnis utama dari kedua koperasi ini adalah usahatani ayam KUB serta pengolahan jagung untuk pakan ternak, kedepannya koperasi – koperasi ini akan menjadi pemasok pakan ternak khususnya ayam KUB yang sangat terkenal dan khas dari Propinsi Nusa Tenggara Barat. 
 
Ayam KUB ini memiliki kelebihan yaitu kandungan proteinnya tinggi, rendah lemak dan umur panennya hanya 45 hari. Di NTB, permintaan daging ayam sangat tinggi sehingga sangat membutuhkan pakan ternak berbahan baku Jagung.
 
 
Menutup seluruh rangkaian kegiatan, Manager ICARE (Hadis Jayanti PhD) dan Kepala BSIP NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi, M.Si, menyampaikan apresiasi luar biasa kepada PIU NTB dan Panitia yang sudah menyelenggarakan acara yang berlangsung selama 3 hari ini secara baik serta berharap, dengan diikutinya ToT ini tim PIU 9 lokasi termasuk BSIP Sulawesi Utara dapat mendampingi koperasi yang sudah terbentuk dalam penyusunan rencana bisnis masing – masing.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset