PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

BSIP Sulawesi Utara Selenggarakan Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Pelaku Rantai Nilai Kelapa dan Jagung




BSIP Sulawesi Utara Selenggarakan Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Pelaku Rantai Nilai Kelapa dan Jagung
 
Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Pelaku Rantai Nilai Kelapa dan Jagung diselenggarakan di Grand Luley Hotel 16/5.
 
Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Akademisi Universitas Sam Ratulangi Manado, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara, BSIP Palma serta BRI cabang Airmadidi. 
 
Peserta yang hadir sebanyak 186 orang dengan komposisi kali-laki sebanyak 62,81%, dan perempuan 37,19%, terdiri dari Dinas, BPP, Petani, Koperasi, UMKM, Toko Tani, BRI, Disperindag, UNSRAT, BSIP Palma dan BSIP Sulut. Sementara itu total petani yang tergabung dalam koperasi sebanyak 121 orang. Peserta milenial sebanyak 31,40% dari total peserta. 
 
Kegiatan Bimtek dibuka secara resmi oleh Kadis Pertanian Minahasa Utara, diwakili oleh Kabid. Perkebunan (Cecilia Bernadus, SP). Dalam sambutannya disampaikan  bahwa Kab. Minahasa Utara merupakan satu-satunya pelaksana kegiatan ICARE di Sulawesi Utara sehingga membutuhkan dukungan dari semua pihak terutama dari 5 kecamatan yang terlibat di dalamnya (Kauditan, Airmadidi, Dimembe, Kalawat dan Talawaan). Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ICARE adalah kegiatan untuk semuanya sehingga dari Dinas Pertanian juga mendukung terutama dalam pembangunan sarana dan prasarana di Minahasa Utara. 
 
Materi bimtek yang disampaikan antara lain Penguatan Kapasitas Pelaku Rantai Nilai Kelapa Jagung di Era Digital oleh Johanes E.X. Rogi (Akademisi Universitas Sam Ratulangi Manado), Dukungan Kebijakan Penguatan Kapasitas Pelaku Rantai Nilai Komoditas Kelapa dan Jagung oleh Felix Lumintang, SE (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara), Penguatan Kapasitas Pelaku Rantai Nilai Kelapa di Kawasan ICARE Kab. Minahasa Utara oleh Dr. Patrik M. Pasang, STP., MT (BSIP Palma) dan Kredit Usaha Rakyat BRI 2024 oleh Arman (Kepala Cabang BRI Airmadidi).
 
Acara ditutup oleh Anita Winokan, S.Pt, M.Si selaku koordinator kegiatan bimtek. Diharapkan kegiatan bimtek  Penguatan Kapasitas Pelaku Rantai Nilai Kelapa dan Jagung kali ini memberikan manfaat bagi peserta dan stakeholder yang hadir.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset