PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Lakukan Identifikasi Potensi PAT, Tim Satgas Darurat Pangan BSIP Sulut Turun Lapangan




Lakukan Identifikasi Potensi PAT, Tim Satgas Darurat Pangan BSIP Sulut Turun Lapangan

 
Boltim, 8 Mei 2024
 
Identifikasi potensi PAT di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dilakukan di Kecamatan yang memiliki potensi sawah tadah hujan yaitu Tutuyan, Kotabunan, Nuangan dan Modayag Barat.
 
Kecamatan Tutuyan terdapat realisasi PAT seluas 45 ha di desa Tombolikat Selatan, lokasi ini juga sudah ada sumber air yang melimpah dan saluran irigasinya tetapi terkendala dengan kalau hujan airnya meluap karena salurannya dangkal. 
 
Desa Buyat Selatan Kecamatan Kotabunan terdapat didapatkan realisasi PAT seluas 20 ha, yang merupakan lahan rawa. Ada saluran irigasi tapi terkendala tidak ada saluran untuk mengalirkan air ke lahan sawah. Dapat diupayakan dengan adanya pengerukan tanah supaya saluran drainase bisa naik. 
 
Kecamatan Nuangan Desa Nuangan Satu tanggul air yang jebol mengakibatkan sudah tidak ada air yang mengairi lahan sawah yang berpotensi seluas 15 ha sehingga lahan sudah terbiarkan padahal sumber airnya masih sangat banyak air, sudah diusulkan irigasi Pompanisasi pada usulan di tahun 2024 ini.
 
Kecamatan Modayag Barat Desa Bangunan Wuwuk Timur berpotensi PAT 40 ha, ada sumber air tetapi tidak cukup untuk mengairi semua lahan,sehingga ada sebagian petani yang beralih menanam jagung, cabai dll.Sangat diperlukan pompa dan saluran irigasi karena air yang keluar sangat kecil sehingga sangat sulit mengairi air ke lahan persawahan.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset