PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Tim Satgas Darurat Pangan BSIP Sulawesi Utara Lakukan Identifikasi potensi PAT




 Tim Satgas Darurat Pangan BSIP Sulawesi Utara Lakukan Identifikasi potensi PAT 

 
Mitra, 7 Mei 2024
 
Identifikasi potensi PAT di Kabupaten Minahasa Tenggara dilakukan di 3 Kecamatan yang memiliki potensi sawah tadah hujan yaitu Touluaan, Touluaan Selatan dan Ratatotok. 
 
Kecamatan Touluaan dikunjungi 2 Desa yaitu Ranoketang Atas dan Lobu memiliki realisasi PAT masing – masing 20 ha. Lahan ini merupakan bagian dari Cetak Sawah Baru (CSB) tahun 2018, tetapi karena tidak ada pembagian air untuk lahan sawah di sebelahnya walaupun sumber airnya ada sehingga akhirnya lahan sudah dibiarkan petani sudah tidak bisa menanam karena tidak ada air. Sudah diusulkan untuk irigasi perpompaan di usulan CPCL Kabupaten di tahun 2024 ini. 
 
Desa Kalait Satu Kecamatan Touluaan Selatan memiliki realisasi PAT yaitu 15 ha. Di lokasi ini terdapat rumah pompa  air, tetapi terbengkalai karena pompa tidak berfungsi.
Kunjungan diakhiri ke Kecamatan Ratatotok Desa Ratatotok Satu yang merupakan lokasi dekat pertambangan, terdapat potensi PAT sekitar 30 ha namun terkendala air tidak masuk di lahan persawahan padahal sudah terdapat jaringan irigasi namun perlu pengaturan melalui irigasi perpompaan. 
 
Beberapa kondisi yang  terlihat di lapangan yaitu kendala pengairan sehingga perlu dukungan pompanisasi untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP) dari 100 menjadi 200 pada musim tanam kedua.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset