PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

PIU ICARE Sulut Kunjungi Koperasi Petani ICARE Sulawesi Selatan.




 PIU ICARE Sulut Kunjungi Koperasi Petani ICARE Sulawesi Selatan.

 
Sulawesi Selatan merupakan 1 di antara 9 Provinsi yang menjadi Provinsi pelaksana Program ICARE,  komoditas pilihan adalah kentang dan sapi potong, yang merupakan komoditas eksisting dan potensi untuk dikembangkan menjadi usaha bisnis petani di Malino Kabupaten Gowa.
 
Tim teknis PIU ICARE Sulut saat berdiskusi dengan pengurus koperasi Bawakaraeng Maju Bersama (7/5/2024), mendapatkan masukan yang sangat berarti, khususnya bagaimana menarik minat petani untuk bergabung menjadi anggota koperasi. 
 
Diskusi yang dilakukan di BPP Kanreapia Kec. Tombololopao Gowa didampingi Tim PIU Sulsel dan Koordinator BPP Kanreapia (Sahira, SP). 
Suhardi, selaku Ketua koperasi Bawakaraeng Maju Bersama, menjelaskan bahwa awal pembentukan koperasi di Agustus 2023, petani yang berminat baru sejumlah 35 orang. Seiring waktu berjalan, setelah dilakukannya sosialisasi dan pertemuan kelompok tani, dalam kurun waktu 8 bulan, koperasi mampu menghimpun sebanyak 302 orang anggota koperasi. Saat ini masih banyak petani yang ingin bergabung pada koperasi yang diketuai oleh Sahardi.
Selain koperasi Bawakaraeng maju bersama, PIU Sulsel berhasil membentuk 2 koperasi lainnya, yakni Tonasa Sukses Mandiri, dan Bolaromang Sejahtera  Bersama.
 
Didampingi  koordinator teknis PIU ICARE Sulawesi Selatan (Dr. Rika Haerani, SPt. MSi), Tim PIU Sulut melanjutkan kunjungan ke petani kentang.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset