PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

BSIP Sulawesi Utara laksanakan Bimtek Perbenihan Jagung




BSIP Sulawesi Utara laksanakan Bimtek Perbenihan Jagung
 
Minahasa Selatan, 8 Desember 2023 
 
Guna peningkatan kapasitas petani calon penangkar jagung, BSIP Sulawesi Utara melaksanakan  Bimtek Perbenihan Jagung yang bertempat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Selatan. 
 
Hadir pada kegiatan Bimtek Perbenihan Jagung, Kepala Dinas Pertanian Minahasa Selatan, diwakili oleh Kabid Penyuluhan  (Vebry Rumintjap, SP, M.Si,) Kepala BSIP Sulawesi Utara diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha (Janny Sumampouw, S.Pi), narasumber dari BPSB-TPH dan BPPMTPH serta sebanyak 60 orang petani peserta bimbingan teknis perbenihan jagung dan tim dari BSIP Sulawesi Utara.
 
Rumintjap mewakili Kepala Dinas Pertanian Kab. Minahasa Selatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kabupaten Minahasa Selatan potensial untuk budidaya jagung sehingga kebutuhan benih jagung cukup tinggi. Diharapkan dengan adanya demfarm perbenihan jagung yang ada di kab. Minahasa Selatan mampu memenuhi kebutuhan benih jagung. 
 
Janny Sumampouw, S.Pi mewakili Kepala BSIP Sulawesi Utara menyampaikan bahwa kegiatan Bimbingan Teknis Perbenihan Jagung merupakan salah satu tupoksi BSIP dalam mendiseminasikan kegiatan sesuai dengan  Permentan No.12 Tahun 2023 tentang penerapan dan diseminasi standar instrumen pertanian. 
 
Ada 3 materi pada kegiatan Bimtek Perbenihan Jagung yaitu dari BPSB-TPH Provinsi Sulawesi Utara yang disampaikan oleh Donhard Roring, SP, M.Si tentang Perbenihan Jagung Terstandar, dari BPPMTPH Provinsi Sulawesi Utara yang disampaikan oleh Oldi Kotambunan, SP, M.Si dan tentang Pengendalian OPT pada Perbenihan Jagung, dan Kegiatan Perbenihan Jagung di BSIP Sulawesi Utara yang disampaikan oleh Supratman Sirih, S.TP, M.Si.
 

Usai Kegiatan bimtek dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke demfarm perbenihan jagung yang dilaksanakan oleh BSIP Sulawesi Utara dipandu oleh Maxi Sumangkut, SP  selaku PBT di wilayah Minahasa Selatan. 

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset