PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

BSIP Sulut lakukan Pengumpulan data komoditas unggulan dan kebutuhan standar instrumen pertanian di Kab. Bolaang Mongondow Timur




BSIP Sulut lakukan Pengumpulan data komoditas unggulan dan kebutuhan standar instrumen pertanian di Kab. Bolaang Mongondow Timur

 
Bolaang Mongondow Timur, 29 November 2023
 
Pengumpulan data komoditas unggulan dan kebutuhan standar instrumen pertanian di Kab. Bolaang Mongondow Timur diterima oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Bolaang Mongondow Timur (Benny Mokoginta, SP). Menurut Kepala Dinas Pertanian, komoditas unggulan perkebunan yang ada di Kab. Bolaang Mongondow Timur yaitu kelapa. Kelapa yang sedang dikembangkan saat ini adalah Varietas Panang SSM 01 sebagai varietas lokal, namun varietas tersebut belum dilepas. Untuk varietas Panang SSM 01 ada sebanyak 1.300 pohon yang sudah tersebar di Kecamatan Tutuyan dan Kecamatan Kotabunan di Kab. Bolaang Mongondow Timur. Selain kelapa, komoditas unggulan perkebunan lainnya adalah cengkeh. Beberapa kecamatan potensial tanaman cengkeh antara lain Kecamatan Tutuyan, Kotabunan, Motongkat dan Nuangan. 
 
Selain itu dijelaskan pula, komoditas unggulan tanaman pangan disana yaitu jagung dan padi. Hampir sebagian besar tanaman jagung ditanam di bawah tegakan pohon kelapa. Untuk komoditas unggulan tanaman hortikultura yaitu kentang, cabai dan kubis. 
 
Diharapkan dengan kegiatan pengumpulan data komoditas unggulan dan kebutuhan standar instrumen pertanian di Kab. Bolaang Mongondow Timur menjadi masukan dalam penyusunan program kegiatan di BPSIP Sulawesi Utara kedepannya.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset