PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Tim ICARE BSIP Sulawesi Utara mendampingi kunjungan lapangan Tim Pemantauan dan Evaluasi PHLN Lingkup Kementerian Pertanian.




Kamis, 16 November 2023 
Tim ICARE BSIP Sulawesi Utara mendampingi kunjungan lapangan Tim Pemantauan dan Evaluasi PHLN Lingkup Kementerian Pertanian. Tim Monev terpadu terdiri dari Direktur ICARE (Dr. Akhmad Musyafak, SP MP), Dit. Pangan dan Pertanian Bappenas (Zulfriandi), Koordinator Komponen A ICARE, Tim Biro KLN, Tim Kementerian Keuangan, serta Biro Perencanaaan Kementan. 
Kunjungan ke lokasi demfarm Perbenihan Kelapa dan jagung hibrida di Kelurahan Rap - Rap Kec. Airmadidi pada kelompok Tani Pinasungkulan, bertujuan untuk melihat langsung kegiatan yang sedang dijalankan oleh PIU BSIP Sulut.  Ketua kelompok tani Pinasungkulan (Joshua Gerad Ngantung) saat dialog dengan Tim Monev terpadu menjelaskan, Luas hamparan demfarm yang digunakan sebagai lokasi perbenihan yaitu 5 ha. Jagung Parent seed yang ditanam akan menghasilkan calon benih jagung hibrida varietas NASA 29, yang memang diminati oleh petani. Penanaman tetua Jantan telah dilakukan pada senin 13 November 2023, dan pada hari ini (16/11) dilakukan penanaman jagung betina. Gerad pun menjelaskan bahwa Lahan sudah dipersiapkan sejak Bulan Agustus 2023, dan sudah dilakukan pengolahan tanah dan rotari, bahkan sudah diaplikasikan pupuk kandang sebanyak 7,5 ton /ha. Namun, karena penjelasan Tim PIU BSIP Sulut terkait El-Nino, maka disepakati untuk penundaan waktu tanam.

Pada kesempatan ini, Tim Monev terpadu diminta kesediaan oleh Kelompok Tani Pinasungkulan untuk melakukan penanaman jagung betina. Direktur ICARE (Dr. Akhmad Musyafak, SP, MP) usai melakukan penanaman, menyarankan agar kelompok tani Pinasungkulan, segera melengkapi berkas untuk didaftarkan sebagai salah satu koperasi yang berbadan hukum. Musyafak juga mengingatkan pada PIU BSIP Sulut, agar terus mendampingi proses pendirian korporasi petani, melalui Bimtek dengan melibatkan institusi terkait, termasuk Dinas Koperasi. Dit. Pangan dan Pertanian Bappenas (Zulfriandi), pun menyarankan, agar Bimtek bukan saja bagaimana menerapkan GAP (Good Agricultural Practises), namun materi Bimtek mengarah kepada peningkatan bisnis petani, terlebih di era digitalisasi saat ini, petani harus bisa beradaptasi sehingga bisnis yang akan dibangun dapat berjalan dengan lancar. 

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset