PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Tingkatkan nilai tambah komoditas kelapa dan jagung, BSIP Sulawesi Utara laksanakan FGD Analisis Kesenjangan Rantai Nilai




Tingkatkan nilai tambah komoditas kelapa dan jagung, BSIP Sulawesi Utara laksanakan FGD Analisis Kesenjangan Rantai Nilai

 
Manado, 11 Oktober 2023
 
Guna meningkatkan nilai tambah komoditas kelapa dan jagung di 5 Kecamatan pelaksana ICARE yang ada di Kabupaten Minahasa Utara. Tim PIU BSIP Sulawesi Utara melaksanakan FGD. Hadir sebagai narasumber Dosen Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado Dr. Caroline Ellen Pakasi, MSi. 
Dijelaskan oleh Ellen, Rantai nilai adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan dan menciptakan nilai pada suatu komoditi, termasuk kelapa dan jagung. Untuk itu perlu adanya Identifikasi langkah-langkah penting dalam rantai nilai kelapa dan jagung, mulai dari produksi, distribusi, pengolahan, hingga pemasaran, serta Perbandingan rantai nilai kelapa dan jagung untuk mengidentifikasi kesenjangan yang ada. Misalnya, apakah ada perbedaan dalam teknologi yang digunakan, akses terhadap pasar, atau kesenjangan lainnya. Apakah ada perbedaan dalam investasi, regulasi, infrastruktur, atau faktor lain yang dapat mempengaruhi kesenjangan tersebut. Selanjutnya dijelaskan pula bahwa, perlu dilakukan Evaluasi dampak kesenjangam pada semua pemangku kepentingan, termasuk petani, produsen, pemerintah, dan konsumen. Apakah kesenjangan tersebut dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, atau kesejahteraan sosial.
Pengembangan strategi perbaikan berdasarkan hasil analisis, kembangkan strategi perbaikan untuk mengurangi kesenjangan dan meningkatkan rantai nilai komoditi kelapa dan jagung. Strategi ini dapat melibatkan investasi dalam infrastruktur, kebijakan baru, peningkatan kapasitas petani, atau kerja sama antara pemangku kepentingan.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset