PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

MONITORING DAN EVALUASI DEMFARM PROGRAM ICARE




 MONITORING DAN EVALUASI DEMFARM PROGRAM ICARE

 
Airmadidi, 08 September 2023 telah dilaksanakan monitoring dan evaluasi Demfarm Program ICARE di Minahasa Utara. Monitoring dan evaluasi dilakukan dengan cara menggali informasi pelaksanaan secara regular berdasarkan indikator tertentu, dengan maksud mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai perencanaan dan prosedur yang telah disepakati. Informasi pelaksanaan demfarm diperoleh dari Bpk Jefri Lotulung dan Bpk Gerald Ngantung selaku petani pelaksana demfarm di Desa Rap-Rap Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara.
 
Demfarm Program ICARE terdiri dari perbenihan jagung hibrida dan pembibitan kelapa. Kegiatan perbenihan jagung hibrida telah dilakukan persiapan lahan meliputi: pembersihan lahan, pengolahan lahan (bajak dan rotari), peletakan pupuk dasar berupa pupuk kandang yang selanjutnya akan dilakukan rotari sekali lagi sehingga lahan siap tanam. Sedangkan kegiatan pembibitan kelapa dalam proses penyayatan dan pendederan kelapa. 
 
Adanya fenomena El-Nino, ketersediaan air sangat berpengaruh terhadap kegiatan penanaman jagung dan pembibitan kelapa, untuk itu perlu adanya upaya-upaya sehingga kegiatan perbenihan jagung hibrida dan pembibitan kelapa dapat berlangsung sesuai jadwal yang telah disusun tidak melewati tahun anggaran.  Penggunaan bahan pendukung dan tenaga kerja agar direncanakan secara matang, efektivitas dan efisiensi tetap diperhitungkan sebaik-baiknya sehingga tujuan dilakukannya Demfarm dapat tercapai.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset