PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

KONSOLIDASI INTERNAL BADAN STANDARDISASI INSTRUMEN PERTANIAN (BSIP)




 KONSOLIDASI INTERNAL BADAN STANDARDISASI INSTRUMEN PERTANIAN (BSIP)

 
Pasar Minggu, 13 Juli 2023
Konsolidasi Internal BSIP dilakukan dalam rangka penyamaan persepsi tugas dan fungsi Badan Standardisasi Instrumen Pertanian. Konsolidasi Internal BSIP bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 HQ BSIP Pasar Minggu Jakarta Selatan yang dipimpin langsung oleh Plt. Kepala BSIP Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, didampingi Sekretaris BSIP Dr. Haris Syahbuddin, DEA. Hadir dalam konsolidasi Pejabat Eselon II lingkup BSIP, Kepala UPT lingkup BSIP dan Koordinator Kelompok Substansi lingkup BSIP. BSIP Sulawesi Utara hadir pada konsolidasi internal BSIP mewakili Kepala BSIP Sulawesi Utara yaitu Koordinator Program dan Evaluasi Sudarti, SP, M.Si.
 
Plt. Kepala BSIP dalam arahannya menyampaikan beberapa hal yang harus dilaksanakan sehingga tupoksi BSIP berjalan lancar antara lain: 1) Menjadwalkan pertemuan dengan Gubernur Kepala Daerah membuat MOU; 2) Membuat gambaran tugas BSIP secara singkat dimuat dalam medsos Tik Tok, Instagram, Youtube dan lain-lain; 3) SNI dibuat secara simpel, sebar 1.000 inovasi yang telah dihasilkan sebelumnya; 4) Pada Ulang Tahun BSIP ada sesuatu yang bermakna sebagai hasil BSIP; 5) BSIP Provinsi menyiapkan acara 17 Agustus dan Pekan Agrostandar baik di pusat (terpusat) ataupun di daerah masing-masing menampilkan antara lain komoditas ekspor. Selain itu Plt. Kepala BSIP mengingatkan jangan sampai pihak lain mengklaim apa yang kita punya, “Apa tugas BSIP, Apa hasil BSIP”.
 
Konsolidasi Internal BSIP mengagendakan antara lain: 1) Persiapan Launching Legacy; 2) Rakernas BSIP; 3) Launching LSPro. Dalam diskusi disepakati Rakernas BSIP rencana akan dilaksanakan di Malang tanggal 12 – 16 Agustus 2023 sekaligus Launching Legacy. Plt. Kepala BSIP dalam diskusi mengingatkan antara lain; 1) Dalam setiap pertemuan Platform “Lagu Indonesia Raya” menggambarkan BSIP; 2) UK/UPT mempunyai profil dalam bahas Indonesia/Inggris; 3) Untuk kelancaran tupoksi BSIP tidak harus berharap dari anggaran APBN tetapi harus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah; 4) Semua satker dibutuhkan leadership, perlu komunikasi dengan pemerintah daerah Gubernur ataupun Bupati/Walikota; 5) Terkait SDG, adanya komoditi yang eksotik sehingga ke depan bisa ada nilai jual; 6) Website satker harus ditingkatkan, karena sebelumnya pernah mendapatkan Juara I; 7) Inventarisasi komoditas unggulan daerah.
 
Sebagai persiapan Rakernas agar disiapkan obyek pembahasan antara lain: 1) Program legacy; 2) SDM; 3) Sarana prasarana; 4) Kelembagaan; 5) Mapping kebutuhan standar; 6) Harmonisasi standar; 7) Penyebaran & Diseminasi; dan 8) Kolaborasi.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset