PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

BSIP Sulawesi Utara mengikuti Workshop Pengembangan Infrastruktur Mutu Berbasis Produk Pertanian




 BSIP Sulawesi Utara mengikuti Workshop Pengembangan Infrastruktur Mutu Berbasis Produk Pertanian 

Kamis 6 Juli 2023 
 
BSIP Sulawesi Utara mengikuti Workshop Pengembangan Infrastruktur Mutu Berbasis Produk yang dilaksanakan oleh Badan Standardisasi Instrumen Pertanian melalui zoom meeting. 
Sekretaris BSIP Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA dalam sambutan serta arahannya menyampaikan bahwa perubahan krisis global yang terjadi berdampak pula pada sektor pertanian. Untuk itu Sekretaris BSIP mengingatkan, agar BPSIP senantiasa mempertahankan mutu produk pertanian sambil terus meningkatkan daya saing komoditi pertanian.  Khususnya peningkatan daya saing produk unggulan daerah. Sekretaris BSIP pun memotivasi seluruh peserta yang hadir, bahwa BSN sudah memberi jalan kepada BSIP untuk melaksanakan tugas - tugas sektoral yang ada di daerah. Dikatakan pula BSIP harus menjadi yang terdepan. Kehadiran BPSIP di setiap Provinsi sangat penting dalam mengawal penyusunan rancangan serta penerapan standar instrument Pertanian.
Beberapa Materi yang disampaikan dalam workshop ini adalah: (1) Strategi peningkatan daya saing produk unggulan daerah melalui pengembangan infrastruktur mutu berbasis produk Pertanian, yang disampaikan oleh Deputi Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian -BSN (Dr. Zakiyah); (2) Transformasi Laboratorium Penguji Akreditasi KAN menjadi Lembaga Sertifikasi Produk (Potensi dan Peluang), disampaikan oleh Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian-BSN (Triningsih Herlinawati, SP. M.Si).
Penguatan penerapan SNI untuk produk / instrumen, mendorong pengembangan dan perluasan ruang ligkup LPK termasuk laboratorium dan LSpro, bimbingan teknis maupun insentif kepada pelaku usaha pertanian sehingga dapat memenuhi dan disertifkasi SNI, ujar Dr. Zakiyah dalam penyampaian Materinya. Ditambahkan pula bahwa Dukungan BSN dalam Peningkatan daya saing meliputi Pengembangan standar SNI, pembinaan dan fasilitasi penerapan SNI, fasilitasi LPK, promosi dan diseminasi, penguatan akses pasar, serta kerjasama DN/LN dan pengakuan internasional.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset