PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

BSIP Sulut Hadiri Pembukaan PENAS XVI Sumbar




 BSIP Sulut  Hadiri Pembukaan PENAS XVI Sumbar

 
Gelaran Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan Indonesia yang ke XVI di Padang Sumatera Barat Resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia  diwakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Dr. (H.C) Ir. Airlangga Hartanto, MBA., MMT., IPU secara virtual pada hari Sabtu (10/6/2023).
 
Acara yang dipusatkan di Lanud Sutan Syahrir ini dihadiri oleh Menteri Pertanian Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si, .MH, para Gubernur dari beberapa provinsi, Bupati/Walikota, Forkopimda Sumatera Barat seluruh kontak tani, nelayan se Indonesia termasuk BSIP Riau.
 
Ketua KTNA Nasional Ir. Yadi Sofyan Noor, SH mengatakan bahwa Penas merupakan ajang untuk bersilahturahmi serta saling belajar dan tukar pengalaman bagi para kontak tani dan nelayan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan
 
Selain itu Yadi menyampaikan bahwa Gelaran Penas ke XVI ini diikuti oleh sekitar 23.780 orang KTNA dari seluruh Indonesia dan akan diisi dengan 31 jenis kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dan jiwa agribisnis KTNA dengan harapan dapat mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.
 
Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, SP dalam sambutannya mengatakan bahwa kebersamaan hari ini menjadi semangat bersama dalam rangka menjadikan Indonesia pada tahun 2045 menjadi lumbung pangan dunia. Gubernur menyampaikan terimakasih kepada  Menteri Pertanian yang telah menunjuk Sumatera Barat sebagai tuan rumah gelaran Penas. "Kami merasa bangga, dan hormat Provinsi Sumatera Barat ditunjuk sebagai tuan rumah Penas XVI" Ujar Gubernur.
 
Gubernur Sumbar berharap semoga gelaran ini menjadi bentuk upaya dan kontribusi Provinsi Sumatera Barat untuk mewujudkan Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045.
 
Menteri Pertanian menyampaikan momentum Penas ini merupakan momentum legendaris yang ditunggu  tunggu oleh seluruh petani, peternak, pekebun dan nelayan seluruh Indonesia setelah 3 tahun tertunda. "Jadikan gelaran ini untuk melepas kerinduan untuk memperkokoh pertanian Indonesia" Ujar mentan
 
Mentan juga menyampaikan pesan ucapan terimakasih dari Presiden RI untuk seluruh KTNA yang hadir. Mentan menyampaikan dunia akan menghadapi krisis pangan dan untuk menghadapi ini Mentan mengajak semua untuk tetap semangat apapun masalahnya Indonesia punya KTNA, ada pertanian, ada pemerintah yang akan menyiapkan pangan dengan baik.
 
Menko Perekonomian menyampaikan bahwa perlunya peran aktif dari seluruh sektor agar ancaman krisis pangan global dapat dihadapi dengan baik dengan peningkatan produksi.
 
Pembukaan Penas ke XVI yang berlangsung dari tanggal 10 s.d 15 Juni 2023  sebelumnya diawali dengan penampilan drum band dari gabungan taruna TNI, Akpol, dan Praja IPDN serta persembahan tari masal oleh sendratasik UNP.
 
"Manis sungguh sibuah semangka
Semangka di bawa ke California
Penas XVI Sumbar sudah dibuka
Wujudkan Indonesia lumbung pangan dunia"
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset