PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Gerakan Tanam Jagung Hibrida di Bawah Tegakan Kelapa




 Gerakan Tanam Jagung Hibrida di Bawah Tegakan Kelapa

 
Kamis, 29 Sept 2022 bertempat di desa Tadoy, kec. Bolaang Timur. BPTP Balitbangtan Sulut melakukan Gerakan Tanam Jagung Hibrida di bawah Tegakan Kelapa bersama Pemerintah Kab. Bolaang Mongondow.
 
Acara diawali dengan Sambutan dari Sangadi Desa Tadoy yang mengayakan di Desa Tadoy 80% petani, dan saat ini sudah 10 hari tidak hujan, jadi tanah belum bisa diolah secara optimal, baru sekitar 0.5 ha yg dilakukan pengolahan.
 
Selanjutnya Materi dari BPTP Sulut Supratman Sirih, S.TP., M.Si tentang penanaman jagung di bawah Tegakan Kelapa. Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis benih jagung Hibrida JH37 kepada KT. Patung dan KT. Itadohe, penyerahan benih kelapa dalam kepada kadis perkebunan dan penanaman jagung dan kelapa secara simbolis
 
Kadis perkebunan Tonny S. Toligaga, S.Pt., MP dalam sambutan mengatakan 48.000 Ha kawasan perkebunan di Bolaang Mongondow, 3 komoditas utama yg diamanahkan oleh kakao yg dikelapa, cengkih, dan kakao, banyak program untuk pengawalan). Di bolmong berusaha mengembangkan pola kawasan 1) dukungan infrastruktur, 2) integrasi program-program dari pemerintah termasuk bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan jajarannya. Di bolmong juga ada pala, kopi, vanili, kayu manis. Dengan potensi tersebut dinas perkebunan lebih intens bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan sektor perkebunan.
 
Kepala BPTP SULUT Dr. Femmi Nor Fahmi, S.Pi., M.Si dalam sambutan menyampaikan bahwa dikembangkan terus kerjasama BPTP Sulawesi Utara dengan Dinas Perkebunan maupun dinas-dinas lain yang ada di Bolaang Mongondow. BPTP dengan sdm di bidang perkebunan (kelapa, pala), hama dan penyakit tanaman, hortikultura, krisan dll. BPTP Sulut menyediakan teknologi yg bisa diakses petani melalui layanan kerjasama secara langsung maupun secara online. Selanjutnya setelah kegiatan ini, akan ada bimtek dari BPTP Sulut tentang pemupukan, pengendalian hama dan penyakit dll terkait jagung dan kelapa baik secara langsung maupun online. Diharapkan kerjasama lebih lanjut dg stakeholders untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Diharapkan juga kerjasama yg ada akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik karena sudah disentuh dengan Teknologi yang lebih baik.
 
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Diskusi serta sesi tanya jawab.
 
#bptpsulut
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset