PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

DENGAN OBSERVASI LAPANG, PERSIAPAN KEGIATAN ICARE LEBIH MATANG




 Minahasa Utara, 23 September 2021. Observasi lapang oleh Tim ICARE dan stakeholder terkait meninjau kesiapan dari hulu sampai hilir dengan mendatangi produsen benih, lokasi lahan pertanaman hingga tempat pengolahan pasca panen. 

 
Tinjauan langsung ke lapangan ini akan memberikan gambaran bagi Tim ICARE pusat untuk mematangkan persiapan dalam mengawali kegiatan yang akan dimulai pada tahun 2022 nanti. Pertama - tama Tim mengunjungi Kelompok Tani Anugerah sebagai produsen benih jagung yang diketuai Arly Dondokambey.
 
 
Produsen benih jagung ini adalah salah satu penyuplai kebutuhan benih di Sulawesi Utara bahkan sering mendapat permiantaan dari luar daerah. Tim memastikan kesiapan produsen benih ini untuk memastikan suplai benih kegiatan ICARE nanti. Saat sampai, tim diperlihatkan proses packing yang siap didistribusi. 
 
Kunjungan ke lahan pertanaman dilakukan beruntut ke Kecamatan Talawaan, Dimembe, Airmadidi, Kalawat dan Kauditan. Di lokasi, Tim berdiskusi dengan petani untuk mengetahui keadaan terkini pertanian kelapa dan jagung di lokasi tersebut. 
 
Observasi dilanjutkan UD. Klabat Jaya di Kecamatan Kauditan milik Denny Muaya yang bergerak di bidang pengolahan jagung. Olahan pasca panen jagung yang diproduksi usaha ini menghasilkan aneka pakan ternak. Dengan kunjungan ini, tim memastikan penyerapan produk jagung yang akan dihasilkan dari kegiatan ICARE nantinya. 
 
Observasi berakhir di Usaha Rumahan pembuatan santan murni milik Irene Walangitan. Berdasarkan diskusi, diketahui kapasitas produksi sebanyak 300 biji kelapa per hari. Adapun pemasarannya untuk pasar swalayan dan usaha kuliner lokal Sulawesi Utara. Usaha home industry seperti ini merupakan bagian penting untuk penyerapan biji kelapa yang dihasilkan petani.
 
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset