PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

PPID Utama

Maknai 47 Tahun Balitbangtan: Hadapi Pandemic C-19 Dengan Mejaminan Kualitas Produk Pertanian




Pandemic Corona Virus Desiensi (Covid) yang beraksi, dan teridentivikasi pada tahun 2019 (Covid-19), bukan menjadi hambatan inovasi teknologi pertanian itu berhenti. Pertanian tidak boleh berhenti. Inovasi pertanian harus terus dan terus dikedepankan, hasilkan produk pertanian yang berkualitas. 

Dalam memaknai 47 Tahun Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kemtan), dengan dinamikanya terus berinovasi hasilkan produk pertanian yang dapat memecahkan masalah masyarakat.

Persembahan menarik Balitbangtan ditengah gejolak pandemic C-19, adalah hasilkan produk yang dapat halau dan tekan C-19. Sebagai contoh: produk eukaliptus dengan inhaler, roll on dan produk pertanian hasil inovasi untuk daya tahan tubuh masyarakat.

Indonesia sebagai Negara Agraris, dengan kekayaan sumberdaya alam dan manusia, dituntut meningkatkan daya saing produk hadapi kompetisi global. Dalam hasilkan produk buah, sayur, dan flori yang aman bagi konsumen, harus diproduksi secara ramah lingkungan dan bermartabat dengan mengacu pada GAP yang relevan dengan kondisi Indonesia (Indo-GAP)

Balitbangtan dalam menghilirkan Inovasi Pertanian, terus memantapkan pelaku usaha pertanian, untuk mengikuti prosedur produksi yang dipersyaratkan untuk ekspor. Seperti beberapa waktu lalu Balitbangtan membekali petani bunga Tomohon dan Petani Horti sesuai prosedur GAP dan SOP.

Semangat terus berinovasi, Balitbangtan beberapa waktu lalu telah membekali pelaku utama dan antara untuk hasilkan produk berkualitas. Standar pejamin konsumen agar tidak ragu menggunakan produk. kegiatan ini telah dilakukan Balitbangtan dalam hal produk hortikultura.

Dalam artikel ini, mengurai tentang turunan dari GAP, yaitu SOP. 
 

Apa itu Standard Operating Procedure (SOP) 

Standard Operating ProcedureNah, yang berkopeten membuat dan menyusun SOP, adalah sebagai berikut:

Apakah SOP

SOP adalah, PANDUAN KERJA bagi pelaku usaha tani hortikultura dalam melaksanakan usaha taninya. Merupakan ALAT UNTUK BERKOMPETISI dan melindungi petani hortikutura Indonesia di era perdagangan global dan OPERASIONALISASI dari GAP di tingkat lapang.

Standar Operasional Prosedur

Prinsip SOP adalah: Spesifik, Jelas, Oprasional dan mudah dikerjakan. Penerapan SOP komoditas meliputi: Target produksi dan mutu, Manajemen lahan, Perbenihan, Pemangkasan, pemupukan, prinsip pengelolaan hama dan penyakit terpadu, pengairan, pemanenan dan pasca panen.

SOP berfungsi sebagai control dan sebagai penjamin konsumen. Penentuan target sesuai dengan keinginan konsumen atau pasar. Target produksi dan mutu, harus spesifik dan jelas, seperti:

Apa Saja yang Harus Dicatat ?

'Kata" SOP, "catat apa yang akan dikerjakan, dan kerjakan apa yang di catat. Jadi pada prinsipnya, semua kegiatan yang dilakukan terkait memproduksi harus dicatat, dan dilaksanakan. hal penting yang harus dicatat seperti:

Hal-hal demikian adalah penting untuk dicatat oleh pelaku utama dan pelaku usaha pertanian. Demikian setelah menggunakan fasilitas pendukung produksi seperti diurai diatas, maka harus juga di perhatikan tentang:

Hal itu, harus diperhatikan oleh produsen untuk hasilkan produk dan penjamin konsumen. Akan lebih baik dan harus dilakukan juga ketika kita menanggapi keluhan konsumen.

Jadi dengan menerapkan GAP dan SOP, niscaya produk yang dihasilkan bertanggung jawab dan dapat ditelusuri baik oleh konsumen juga oleh produsen sendiri.(#Artur)

sumber: dari media online, dan hasil pelatihan teknis penyuluh pertanian

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jalan Kampus Pertanian Kalasey, Manado 95013, Sulawesi Utara, Indonesia. Website https://[email protected]/

Hubungi:

HP & WA: 082211202906, 085342535117
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset