PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Karouw:“Petani Adalah Pahlawan Pangan Kita”




Kalasey, 11/11/2020.---Memaknai Hari Pahlawan, Dr.Steivie Karouw,S.TP.MSc., ditengah kesibukan tugas di luar daerah, terus mennyemangati para pegawainya di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Utara (Sulut), agar terus tingkatkan kinerja.

Karouw, saat mengutip pesan Menteri Pertanian, kala Mentan berada di Sulut (30/08) “Pertanian memang tidak boleh berhenti”. Untuk itu, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementan Kemtan, harus berkaca pada para Pahlawan Bangsa, yang dengan tetesan darahnya mereka perjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam memaknai Hari Pahlawan, Karouw menyemangati ASN dilingkup BPTP Sulut. “Saat ini perjuangan kita adalah mendorong petani untuk hasilkan pangan bagi anak bangsa”. Sebagai sumber Inovasi Teknologi Pertanian (ITP), harus pastikan ITP yang kita uji kaji spesifik local, itu bermanfaat dan digunakan petani.

Banyak ITP yang telah dihasilkan anak bangsa di Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) yang siap dihilirkan. Tangkap kebutuhan petani di saat pandemic sambil berakselerasi perkembangan informasi di era globaisasi saat ini, dimana dinamika Revolusi Industri 4.0 dan memasuki 5.0, tuntutan adaptasi dengan perkembangan digitasi layanan (Dilan) sudah harus adaptif dengan ASN kekinian.

Petani sebagai “Pahlawan” pangan yang kita damping, harus dipastikan mereka terus menanam dan ketersediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan, tersedia di lapangan. Bangun komunikasi dengan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) di wilayah binaan agar hilirisasi ITP tepat sesuai kebutuhan petani sebagai “Pahlawan Pangan” kita.

Menutup pesan Karouw, via Whats Apps: ikuti kegiatan penting yang sedang dilaksanakan yaitu Rapat Tim Supervisi dan Pendampingan Program Strategis Kementan yang dihadiri langsung oleh Direktur Buah dan Flori serta Direktur Perbenihan Kementerian Pertanian, Agenda Repittes yang dilakukan oleh petugas kesehatan dan kegiatan-kegiatan untuk tingkatkan kinerja, imbuh Steivie. (#artur).

Sumber: PPID-Humas BPTP Sulut