PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

14 Virus Influensa Dapat Dibunuh Oleh VCO termasuk Covid, ini Penjelasan Pakar




Manado, 30 Agustus 2020.---Menteri Pertanian Dr.Syahril Yasin Limpo,SH., apresiasi Balitbangtan di Sulawesi Utara. Saat beliau bersua di Balai Penelitian Kelapa dan Palma (Balitpalma) Balitbangtan Kementarian Pertanian yang ada di Manado. Beliau melihat dari dekat beragam inovasi yang bersumber dari Kelapa. Mulai dari keragaan tanaman kelapa umur pendek berbuah, lepas ekpor produk kelapa, keragaan olahan hasil turunan kelapa dan berakhir di ruang pengolahan minyak sehat.

Dr.Steivie Karouw, STP,MSc.kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan di Sulawesi Utara, menjelaskan inovasi olahan kelapa menjadi minyak sehat. Produk ini lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO). Dengan kekayaan nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Steivie, sebagai peneliti dan ahli terkait VCO, saat di daulat oleh kepala Balitpalma Dr.Ir.Ismail Maskromo,MSi.,untuk menjelaskan pada Menteri Pertanian SYL, menjelaskan bahwa: dalam produk VCO, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Juga kemampuan produk ini, untuk membunuh virus influenza termasuk menghambat dan dapat membunuh virus covid, ketika VCO dikonsumsi, tutur Karouw.

Menteri pertanian sangat mengapresiasi produk ini, karena dihasilkan dari produk kelapa, yang adalah sumberdaya Bangsa Indonesia dan tersebar di daerah Nyiur Melambai.(#Artur)

Sumber: Humas-PPID BPTP Sulut