PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Dirgahayu 75 Tahun Republik Indonesia, Hadang Covid-19 Dengan Bangun Lumbung Pangan Mini di Pekarangan




Indonesia Maju, adalah tema yang dikeluarkan oleh Sekretariat Negara Republik Indonesia. Hal ini, harus dimaknai dengan Inovasi Tiada Henti ditengah pandemic Covid19 yang masih diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia dan melanda dunia juga, Tutur Dr.Steivie Karouw,S.TP.M.Sc.

Masih menurut Steivie, Perayaan 75 Tahun Republik Indonesia, harus dimaknai dengan kedisiplinan nasional dan gerakan kepedulian nasional. Dalam menghadapi pandemic Covid-19 saat ini, ditengah keterbatasan new normal, kita harus terus melakukan pelayanan pada masyarakat dengan giat penelitian dan pengkajian (Litkaji) untuk 267 juta masyarakat Indonesia.

Kata Karouw, salah satu kegiatan yang didorong dalam mengartikan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 75, adalah memberdayakan halaman kantor dengan kegiatan Inovasi Teknologi Pertanian (ITP) pemanfaatan lahan pekarangan hasilkan pangan dan sebagai model Lumbung Pangan Mini.

Masing-masing Kelompok Peneliti (Kelti) dan Pengkaji (Kelji) serta Administrasi berlomba menata halaman yang menjadi bagian yang di inovasikan untuk model lumbung pangan mini. Pantauan tim Humas dan PPID, semangat Hari Merdeka ke 75 menjadi pengikat kebersamaan masing-masing kelompok.

Kelompok Sosial Ekonomi dan Inovasi Pertanian dengan keragaan tanaman flori. Tanaman bunga didesign model vertical garden, tanaman sayuran dan tanaman buah dalam pot (Tabulapot). Demikian dengan Kelji Budidaya dengan tanaman bawang merah varietas Lan’suna, juga Kelji Pasca Panen dengan keragaan tanaman obat keluarga (Toga).

Administrasi juga tidak ketinggalan dengan kelompok Sumber Daya. Masing-masing sibuk dengan keragaan tanaman mendukung model ketersediaan pangan sehat di pekarangan. Masing-masing kelompok dengan giatnya, percantik masing-masing wilayah kerja untuk maknai 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.(#Atur)

Sumber: Tim Humas-PPID BPTP Balitbangtan Sulut