PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Uji Adaptasi Kentang Medians dan Penelitian Pemupukan Mahasiswa Pasca Sarjana Unsrat Manado Memasuki Fase Pemupukan Susulan I




Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kemtan) di Sulawesi Utara, dibawah nakoda Dr.Steivie Karouw,S.TP.MSc., terus membangun komunikasi dengan stakeholder dalam menghilir deraskan Inovasi Teknologi Pertanian (ITP) hasil karya Anak Bangsa.

Sebagai salah satu Lembaga Penelitian dan Pengkajian di Daerah, BPTP Balitbangtan di Sulawesi Utara, terus hadirkan ITP hasil para inventor Anak Bangsa. ITP tersebut dihadirkan untuk diadaptasikan spesifik lokasi di Sulawesi Utara, sesuai harapan para pelaku utama (petani), sebagai tujuan pembangunan pertanian.

Sesuai dengan Visi-nya: Menjadikan lembaga pengkajian terdepan, sebagai penghasil dan penyedia teknologi pertanian sesuai kebutuhan pengguna, pada loksai spesifik di Sulawesi Utara, BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara juga terbuka dengan Lembaga Perguruan Tinggi, untuk bersama berinovasi hasilkan ITP spesifik lokasi Sulawesi Utara.

Dalam kegiatan Penelitian Pengkajian, Uji adaptasi Kentang Medians, BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara bersama Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Sam Ratulagi (Unsrat) melakukan uji adaptasi dan uji pemupukan dengan beberapa perlakuan pupuk untuk tanaman Kentang Medians. Kegiatan Penelitian Pengkajian (Giat Litkaji) ini diharapkan akan hasilkan beberapa rekomendasi pemupukan untuk Kentang adaptif di Tomohon Sulawesi Utara.

Menurut Penelitinya Faisal,SP.MSi. bahwa kegiatan ini sudah masuk pada tahap pemupukan pertama. “kita mengadaptasikan kentang medians hasil inventor Balitbangtan di Balitkabi, untuk diadaptasikan di kota Tomohon Sulawesi Utara. Tentunya sesuai dengan agro ekosistem yang dipersyaratkan dari varietas ini”.

Mahasiswa Unsrat Lidya Tulung,SP. yang dibimbing oleh Dr.Jaelani, melakukan penelitian pemupukan dengan beberapa perlakuan pemupukan. Harapannya penelitian ini dapat berkontribusi untuk pembangunan pertanian di negeri ini, lebih khusus di Sulawesi Utara-kota Tomohon, imbuh Lydia ketika ditemui saat sedang melakukan pemupukan.

Pada tahapan pemupukan, sesuai amatan dari Humas BPTP Balitbangtan Sulut, Lydia dengan tekun dan antusias melakukan penimbangan pupuk sesuai rekomendasi dan perlakuan yang akan diuji. Saat melakukan pemupukan dengan bantuan penyuluh pertanian di kecamatan Tomohon Timur dan petani kegiatan dapat di tuntaskan untuk Giat Litkaji pemupukan (#artur)

Sumber: Tim Litkaji Kentang Medians