PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Eucalyptus, Hari ini Hadir di BPTP Balitbangtan Sulut




Dalam situasi Pandemi Covid-19, Balitbangtan berupaya melakukan terobosan dengan memanfaatkan sumberdaya pertanian Eucalyptus sebagai pencegahan Covid-19.

Hari ini BPTP Balitbangtan Sulawesi Utara menerima paket kiriman produk Eucalyptus dari Balitbangtan. Produk hasil Inovasi Balitbangtan ini akan diproduksi dan didistribusikan secara cepat dalam waktu dekat ini.

Eucalyptus mengandung senyawa aktif cineole-1.8 atau disebut eucalyptol yang berfungsi sebagai anti virus melalui mekanisme MPro.

Eucalyptus dengan nano teknologi, dimana dihasilkan beberapa varian produk yaitu inhaler, roll on, balsem dan kalung Eucalyptus.

Eucalyptol diujikan terhadap beberapa tipe corona virus seperti Avian influenza/H5N1, beta Corona, dan Gamma Corona.

Perlu diketahui bahwa Covid-19 (SARSCov-2) termasuk dalam beta corona virus. Hasilnya menunjukkan eucalyptol bisa membunuh 80~100%.

Mekanismenya, eucalyptol mengikat Main Protease (Mpro) pada virus yang berfungsi untuk mereplikasi diri (red:berkembang biak).

Eucalyptus juga dapat berinteraksi dengan transient receptor potential ion chanel yang berada di saluran pernafasan.

Harapannya setelah didistribusikan kepada masyarakat, produk ini dapat memberikan manfaat sebagai proteksi diri terhadap Covid-19.(#art)