PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP Sulut Serahkan Bibit Kelapa Ke Koperasi ICARE




BSIP Sulut Serahkan Bibit Kelapa Ke Koperasi ICARE

 
Rap Rap (30/5), Tim ICARE BSIP Sulawesi Utara (Sulut) sambangi Rap-Rap. Tim tiba di lokasi segera menuju kebun bibit kelapa bersama BPSI Tanaman Palma, Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara, BPP Airmadidi, dan fasilitator.
Tim disambut oleh Ketua Koperasi Damai Sejahtera Klabat sekaligus Ketua Poktan Pinasungkulan, Gerard Ngantung. Jenis kelapa yang disemai dari tahun lalu itu adalah varietas Bido dan Kelapa Dalam Mapanget Kuning. 
 
Tim BPSI Palma melakukan pencatatan fisik bibit kelapa yang siap disebar ke petani dan siap untuk ditanam, karena umur bibit juga telah mencapai 8 bulan. Tim BSIP Sulawesi Utara segera melabeli bibit kelapa yang lolos untuk penyebarluasan, dari 300 menjadi 230 biji bibit Kelapa Bido dan 1000 menjadi 750 bibit Kelapa Dalam Mapanget Kuning.
Gerard menyampaikan bahwa lahan lokasi tanam seluas -+ 1,2 Ha berjarak -+1 km dari lahan semai. Lokasi sudah dibuatkan lubang tanam setelah dilakukan pengajiran. Rekomendasi dari BPSI Palma, lubang ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Jarak tanamnya juga 6 m x 16 m, dengan tujuan untuk penempatan tanaman sela berupa jagung.
Serah terima bibit kelapa dilakukan oleh Tim BSIP Sulawesi Utara kepada koperasi tersebut. Sebelumnya, Tim BPSI Tanaman Palma telah melatih cara mencabut bibit dari lahan semai yang sesuai standar. Petani akan segera melakukan penanaman setelah satu minggu lubang diberi pukan (pupuk kandang).