PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Verivikasi Dokumen Calon Koperasi di Desa Dimembe Kecamatan Dimembe Pada Kegiatan ICARE




Verivikasi Dokumen Calon Koperasi di Desa Dimembe Kecamatan Dimembe Pada Kegiatan ICARE
 
Selasa, 12 Desember 2023 
 
BSIP Sulawesi Utara mendampingi pemeriksaan dokumen Calon Koperasi ICARE “Kumies Maesa Jaya” yang berada di Desa Dimembe Kec. Dimembe Kab. Minahasa Utara.
 
Kepala BSIP Sulawesi Utara Ir. Agussalim, MP dalam arahannya menyampaikan bahwa, Salah satu bentuk koorporasi petani yang disarankan oleh ICARE yaitu koperasi. Yang berhak  mendapatkan dana investasi adalah petani yang tergabung dalam koperasi petani ICARE. Dikatakan pula bahwa, Koperasi Petani merupakan bentuk tindak lanjut Program ICARE. Dengan adanya penguatan dari hulu ke hilir, diharapkan petani dan anggotanya akan mendapatkan keuntungan lebih besar.  
 
Koperasi Kumies Maesa Jaya beranggotakan 70 orang. Koperasi ini merupakan gabungan 4 kelompok tani yaitu Kulon Garden, Kulon Garden 2, Esa Toroan 2, Minapolitan dengan ketua terpilih Ibu Syuli F. Ngangi, ST. Usaha utama yang dipilih adalah Pertanian jagung dengan beberapa usaha tambahan  seperti pengolahan kelapa dan pakan ternak. 
 

Demsy Lempas, SH, (Kepala bidang pemberdayaan koperasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Minahasa Utara) saat pemeriksaan berkas/dokumen, berharap agar seluruh kelompok tani yang tergabung dalam koperasi bisa menyatu dan bisa menyusun skala usaha lebih besar sehingga punya kemampuan pada akses pasar dan dapat menambah semangat kelompok tani serta  tentunya memberikan banyak manfaat atau dampak positif.