PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP Sulawesi Utara Lakukan Pendampingan Verifikasi Dokumen Calon Koperasi ICARE




BSIP Sulawesi Utara Lakukan Pendampingan Verifikasi Dokumen Calon Koperasi ICARE

Selasa, 5 Desember 2023 
BSIP Sulawesi Utara mendampingi pemeriksaan dokumen Calon Koperasi ICARE “Sinar Pagi Sejahtera Minut” bersama  Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Minahasa Utara Bidang Pemberdayaan Koperasi dalam rangka persiapan pengukuhan koperasi Sinar Pagi Sejahtera Minut yang ada di Desa Kauditan 2 Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.
 Kepala BSIP Sulawesi Utara Ir. Agussalim, MP dalam arahannya menyampaikan bahwa Istilah “korporasi petani” muncul dengan memanfaatkan sistem tata kelola ala korporasi yang transparan, terintegrasi, dan berorientasi kepada pencapaian benefit yang maksimal dan berbadan hukum yang legal. Salah satu bentuk koorporasi petani yang disarankan oleh ICARE yaitu koperasi. Dikatakan pula bahwa, Koperasi Petani merupakan bentuk tindak lanjut Program ICARE. Dengan penguatan dari hulu ke hilir, diharapkan petani dan anggotanya akan mendapatkan keuntungan lebih besar.
 Koperasi Sinar Pagi Sejahtera Minut beranggotakan 30 orang. Koperasi ini merupakan gabungan 3 kelompok tani dengan ketua terpilih Jessy Mawuntu. Usaha utamanya adalah Pertanian jagung dengan beberapa usaha tambahan industri jagung dan kelapa. Demsy Lempas, sebagai perwakilan dari bidang pemberdayaan koperasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Minahasa Utara saat pemeriksaan berkas/dokumen, mengatakan agar melampirkan daftar hadir pada saat rapat anggota pembentukan koperasi mulai dari awal hingga dokumentasi kegiatan serta surat keterangan domisili koperasi berada. Diharapkan Seluruh kelompok tani yang tergabung dalam koperasi agar bisa menyatu dan skala usaha bisa lebih besar sehingga punya kemampuan pada akses pasar dan dapat menambah semangat kelompok tani dan tentunya memberikan banyak manfaat atau dampak positif.