PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP Sulawesi Utara Lakukan Sekolah Lapang “Rouging” pada Kegiatan Perbenihan Jagung Hibrida




BSIP Sulawesi Utara Lakukan Sekolah Lapang “Rouging” pada Kegiatan  Perbenihan Jagung Hibrida 

 
Minahasa Utara, 5 Desember 2023 
 
Sekolah lapang (SL)  “Rouging” di demfarm perbenihan jagung pada kegiatan ICARE dihadiri oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Utara, Penanggung Jawab Demfarm, Pendamping fungsional dari BSIP Sulawesi Utara dan 50 orang petani peserta sekolah lapang yang berasal dari 5 Kecamatan.
 
Hadir sebagai pemateri yaitu  Bapak Hanny S.G Kembuan, SP, M.Si dari BPSB Provinsi Sulawesi Utara dan Ibu Treisye Nintang sebagai  Koordinator BPSB Kab. Minahasa Utara
 
Supratman Sirih, STP, M.Si saat membuka kegiatan Sekolah Lapang menyampaikan agar seluruh peserta sekolah lapang menyerap ilmu yang diberikan khususnya mengenai rouging.
 
Hanny S.G Kembuan menjelaskan bahwa Roguing adalah kegiatan mengidentifikasi dan menghilangkan tanaman tipe simpang (off type), bertujuan mempertahankan kemurnian dan mutu genetik suatu varietas yang dibudidayakan (jagung). 
 
Produsen benih atau pelaksana rouging harus mengenali karakteristik varietas dengan baik, termasuk faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap karakter tersebut, kata Hanny.