PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

TIM PIU ICARE SULAWESI UTARA BERSAMA KOORDINATOR BPP PELAKSANA ICARE LAKUKAN KUNJUNGAN KE BPSI TANAMAN SEREALIA




TIM PIU ICARE SULAWESI UTARA BERSAMA KOORDINATOR BPP PELAKSANA ICARE LAKUKAN KUNJUNGAN KE BPSI TANAMAN SEREALIA

 
Maros, 1 Desember 2023
 
Tim ICARE Sulawesi Utara  (PIU, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Kepala Bidang Perkebunan, Koordinator BPP pelaksana ICARE) melakukan kunjungan ke BPSI Tanaman Serealia di Maros Sulawesi Selatan. 
 
Kepala BSIP Sulawesi Utara (Ir. Agussalim MP) dalam sambutannya menjelaskan bahwa, kunjungan Tim PIU ICARE Sulawesi Utara adalah untuk melihat dan belajar tentang sistem perbenihan jagung hibrida yang sedang dilakukan oleh BPSI Tanaman Serealia. Sehingga dapat mengawal kegiatan pengembangan Jagung di Kabupaten Minahasa Utara.
 
Kepala BPSI Tanaman Serealia (Dr. Amin Nur, SP, MSi) saat menerima kunjungan Tim PIU Sulut, menyampaikan, bahwa kunjungan ini adalah momentum dalam membangun kerjasama antara BSIP dengan Pemerintah Kab. Minahasa Utara. Dijelaskan bahwa, BPSI Tanaman Serealia, bergerak di komoditas serealia (jagung, sorgum, gandum, hotong, hanjeli) kecuali padi. Kegiatan yang dilakukan oleh BPSI Tanamaan Serealia, adalah memelihara teknologi-teknologi  yang sudah ada termasuk memurnikan genetik yang ada. Untuk tanaman jagung, tahun 2024, ada 2 SNI yg bisa diterapkan di ICARE, yakni standar proses perbenihan dan benih jagung hibrida (SNI 6944 : 2015). SNI benih jagung hibrida sudah diterbitkan sejak tahun 2015, untuk itu saat ini diajukan agar dikaji kembali, mengingat sudah banyak peraturan yang berubah. Kepala BPSI Tanaman Serealia juga menjelaskan, bahwa
Laboratorium BPSI Tanaman Serealia, sudah mendapat izin dalam mensertifikasi benih.  Sebagai penutup, Kepala BPSI Tanaman Serealia berharap, hasil kunjungan ini dapat menjadi bekal agar dapat mengawal kegiatan ICARE.
 
Usai diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan.