PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP SULUT GELAR DISEMINASI HASIL STANDARDISASI INSTRUMEN PERTANIAN “SAMBUNG PUCUK PALA”




BSIP SULUT GELAR DISEMINASI HASIL STANDARDISASI INSTRUMEN PERTANIAN “SAMBUNG PUCUK PALA”

 
Boltim, 29 Nopember 2023
 
Diseminasi Hasil Standardisasi Instrumen Pertanian “Sambung Pucuk Pala” digelar dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek), dilaksanakan di kantor Dinas Pertanian dengan jumlah Peserta yang hadir 50 orang petani dan penyuluh yang ada di Kab. Bolaang Mongondow Timur. 
 
Kepala BSIP Sulawesi Utara (Ir. Agussalim, MP) dalam Sambutannya, mengatakan bahwa Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mempunyai potensi pengembangan pala. Salah satu teknologi dalam mempercepat umur berbuah pada tanaman pala, adalah teknologi sambung pucuk. Selain mempercepat usia berbuah, hasil dari sambung pucuk dijamin 100% berbuah, karena sumber entres (batang atas) diambil dari tanaman betina. Untuk itu dengan dilakukannya Bimtek sambung pucuk pala ini diharapkan, agar petani dapat mempraktekkan dan membuat bibit sambung pucuk.
 
PLT Kepala Dinas Pertanian (Benny Mokoginta) menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada BSIP Sulawesi Utara. Mokoginta berharap agar petani memperhatikan materi yang disampaikan Oleh narasumber BPSIP (Ir. Jeaneke Wowiling) sehingga dapat bermanfaat bagi petani dan dapat memberikan nilai tambah ekonomi keluarga petani terlebih peningkatan pendapatan daerah Bolaang Mongondow Timur.