PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

TIM ICARE BSIP SULAWESI UTARA MELAKUKAN PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN KOPERASI.




TIM ICARE BSIP SULAWESI UTARA MELAKUKAN PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN KOPERASI.
 
Bertempat di 2 Desa, yakni Desa Wusa dan Winetin Kecamatan Talawaan, Kamis 23 November 2023, Tim ICARE BSIP Sulut mendampingi kelompok tani dalam upaya pendirian koperasi.
 
Pendirian koperasi ini didasarkan oleh keinginan dari beberapa petani yang bersepakat bergabung, mengelola kegiatan, dan kepentingan ekonominya dalam wadah koperasi. Wujud kesepekatan untuk mengikatkan diri dirumuskan dalam bentuk Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga Anggaran Rumah Tangga (ART). AD/ART ini sangat penting sebagai landasan dalam menyusun peraturan-peraturan Koperasi dan bagaimana operasional di lapangan untuk kegiatan Koperasi sehari-hari harus berdasarkan AD/ART yang merupakan acuan bagaimana Koperasi nanti beroperasi dari sisi kelembagaannya, organisasinya, maupun usahanya, karena dengan adanya AD/ART inilah Koperasi bisa memulai segala sesuatunya, kata Anita Winokan, SP. M.Si, saat berdiskusi dengan Poktan Wawo Sangian, Debora dan Maesaan yang berada di Desa Wusa. 
 
Bruri Kaunang, selaku ketua kelompok, yang juga merupakan calon ketua Koperasi mengatakan, telah disepakati bersama “Wawon Sangian Jaya” adalah nama calon koperasi yang akan diusulkan menjadi koperasi yang berbadan hukum. Jumlah anggota yang mendaftar menjadi anggota kelompok sebanyak 15 orang.
 
 

Di desa Winetin terdapat 20 orang calon anggota koperasi yang merupakan gabungan dari kelompok tani Maju Bersama, Makatou, Mapalus dan Mapalus Wanita. Didampingi Koordinator BPP Talawaan bersama PPL yang ada di Kecamatan Talawaan dan Tim ICARE BSIP, pengurus calon koperasi bersama – menyusun dokumen kesiapan koperasi bersama.