PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP Sulut lakukan Identifikasi Kebutuhan standar instrumen Pertanian di Kab. Bolaang Mongondow Selatan




BSIP Sulut lakukan Identifikasi Kebutuhan standar instrumen Pertanian di Kab. Bolaang Mongondow Selatan

 
Molibagu, 22  Nopember 2023
 
Dalam Upaya penerapan standar instrumen pertanian di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Koordinasi identifikasi kebutuhan daerah terhadap standardisasi Instrumen Pertanian sangat diperlukan.
Kepala BSIP Sulut (Ir. Agussalim, MP) saat berdiskusi dengan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ivonne) menjelaskan bahwa BSIP Sulawesi Utara saat ini mempunyai tugas dan fungsi, menerapkan standar instrumen pertanian. Untuk itu diperlukan data komoditas pertanian yang ada di setiap daerah (kabupaten dan kota) dan yang dibutuhkan daerah untuk distandarkan. Tentunya pilihan komoditas didasari oleh prospek pengembangan dan merupakan komoditas eksisting, kata Agussalim. 
Dijelaskan pula bahwa, dengan menerapkan standar instrumen mulai dari benih, cara tanam, pemupukan, waktu panen dan pasca panennya akan menghasilkan peningkatan produksi yang cukup signifikan.
Ivonne menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Ka. BSIP Sulut dan berharap dapat bekerjasama dalam pembinaan petani maupun peningkatan kapasitas penyuluh, petani milenial, penangkar benih dan semua stakeholder pertanian, terutama dalam penerapan instrumen pertanian di lahan-lahan petani.
Dijelaskan pula oleh Ivonne, Bolsel mempunyai komoditas cabe Lokal, dicirikan dengan adanya perubahan warna pada cabe dari putih (muda) ke ungu hingga ke merah (matang). Petani di Kab. Bolsel pun secara berkelanjutan menanam cabe terlebih jika tidak adanya bantuan benih jagung. Ivonne berharap dengan adanya pendampingan penerapan standar instrumen pertanian (cabe) dari BSIP dapat meningkatkan produktivitas cabe di Kab. Bolsel.