PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kepala BSIP Sulut Ir. Agussalim, MP didampingi Koordinator Program dan Evaluasi Sudarti, SP MSi, Sub Koordinator KSPP dan Kordinator Monev.




 Kepala BSIP Sulut Ir. Agussalim, MP didampingi Koordinator Program dan Evaluasi  Sudarti, SP MSi, Sub Koordinator KSPP dan Kordinator Monev, Selasa 31 Oktober 2023 melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pada kegiatan Pendampingan Penerapan Standar Instrumen Pertanian Komoditi Krisan di Desa Kakaskasen 1 dan Kakaskasen 2 Kota Tomohon. Tim berkunjung di lokasi beberapa kelompok tani pendampingan BSIP Sulut.  Hasil yang diperoleh: persentase penerapan standar ekspor yang sudah diterapkan oleh petani dan kelompok tani di kawasan agribisnis bunga krisan bervariasi. Untuk kelompok tani Berkat Taniku Yang diketuai oleh Ronni Polii dan Kelompok tani Flowering, sudah menerapkan 75% tahapan produksi bunga krisan potong.

Mulai dari penerapan standar pembibitan, penyemaian benih, pengolahan lahan, penanaman, pengendalian hama penyakit, pemeliharaan, panen sampai tahapan pasca panen. Sisanya petani belum bisa menerapkan karena kelalaian atau masih kuatnya kebiasaan yang dilakukan oleh petani itu.