PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BSIP Sulut Peringati HUT Kemerdekaan RI ke 78




 BSIP Sulut  Peringati HUT  Kemerdekaan RI ke 78 

 
Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala BSIP Sulawesi Utara Ir. Agussalim, MP. 
Dalam memaknai Kemerdekaan, ada 6 hal yang disampaikan Kepala BPSIP Sulut:
1. Apa yg sudah dilakukan oleh pejuang dalam  memperoleh kemerdekaan, penuh dengan pengorbanan baik harta maupun jiwa. Kemerdekaan dapat dicapai karena ada kerjasama antara pejuang  yg muda dengan yg lebih tua. Sejarah mencatat ketika terjadi cerai berai antar pejuang kala itu, Kemerdekaan tidaklah bisa dicapai, tetapi ketika ada kerjasama antara pemuda dari Barat sampai  ke Timur Kemerdekaan itu bisa dicapai. 
2. Kita yg ada saat ini dapat melakukannya dgn mengisi Kemerdekaan, diantaranya adalah menyediakan pangan untuk 280 juta jiwa. Untuk mencapai hal tersebut perlu kerjasama diantara pegawai Kementan dan pihak lainnya. 
3. Di masa pandemik saja, hanya pertanian yang bisa surplus, apalagi saat ini kita bisa surplus lebih tinggi lagi. 4. Tantangan kedepan di bidang pertanian adalah menyiapakan pangan untuk hajat hidup orang banyak.
 5.Pesan Bapak Menteri pertanian kita harus lebih kreatif di masa peralihan musim ini (El Nino), bagaimana kita bisa menyiapkan varietas yang toleran terhadap kekeringan,  kita tidak boleh berhenti menanam, karena efeknya 2-4 bulan ke depan tidak ada yang dipanen sebagai bahan pangan. Kita ketahui bahwa kebutuhan pangan merupakan kebutuhan sehari-hari. 
6. Dalam rangka HUT RI ke 78, BSIP Sulut bertekad mengambil bagian dalam menyediakan bahan pangan melalui penerapan standar instrumen pertanian di masyarakat petani .