PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

BPSIP Sulut ikuti KICK OFF PERENCANAAN STANDARDISASI INSTRUMEN PERTANIAN




 KICK OFF PERENCANAAN STANDARDISASI INSTRUMEN PERTANIAN

 
Yogyakarta, 10-12 Mei 2023. Kick Off Perencanaan Standardisasi Instrumen Pertanian lingkup Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian dilaksanakan di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. Dalam acara tersebut hadir sebanyak 233 peserta terdiri dari Koordinator Program dan Evaluasi, Sub Koordinator Program, Sub Koordinator Evaluasi, Operator/staf Evaluasi Unit Kerja BSIP, Koordinator Program dan Evaluasi serta operator Monitoring dan Evaluasi UPT Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) se Indonesia. BPSIP Sulawesi Utara hadir Koordinator Program dan Evaluasi Sudarti, SP, M.Si dan operator Monitoring dan Evaluasi Nurul Hidayah Hasibuan, SST.
 
Acara Kick Off Perencanaan Standardisasi Instrumen Pertanian dibuka oleh Kepala BPSIP Yogyakarta Dr. Soeharsono, S.Pt, M.Si, dalam sambutannya kegiatan Kick Off Perencanaan Standardisasi Instrumen Pertanian merupakan bagian dari tugas dan fungsi BSIP yaitu penyusunan kebijakan teknis perencanaan program, perumusan, penerapan dan pemeliharaan, serta harmonisasi standar instrument pertanian. 
 
Hadir Sekretaris BSIP Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA pada hari kedua acara berlangsung, dalam arahannya menyampaikan kegiatan BSIP antara lain meliputi kegiatan pengujian dan penerapan yang bertujuan mendapatkan standar. BSIP tidak hanya menghasilkan administrasi atau dokumen namun pengelolaan terstandar adanya peningkatan mutu, peningkatan kualitas dan peningkatan kontinuitas. Untuk pencapaian target ouput perlu percepatan pelaksanaan program dan kegiatan BSIP TA. 2023. Arah kegiatan BSIP mendukung pembangunan pertanian tidak dari nol, gunakan inovasi Kementan yang bersifat kawasan, pengolahan dan rantai nilai, terstandar, zero waste, ramah lingkungan, peningkatan IP dan produktivitas, serta mendukung ekspor. Selain itu perlu dilakukan pengelolaan kawasan yang standar dan berdaya saing, hilirisasi produk terstandar. Efisiensi anggaran dapat dilakukan melalui kolaborasi dan kerjasama pemerintah daerah. Akhir arahannya “BSIP Pasti Lebih Baik”
 
Materi yang disampaikan berkaitan perencanaan antara lain: Rencana Kerja Perencanaan Standar Instrumen Pertanian (Program dan Anggaran serta Evaluasi dan Pelaporan) oleh Koodinator Perencanaan BSIP Dr. Sri Asih Rohmani; Mekanisme Penyusunan Standar Unit Cost Perumusan RSNI oleh Badan Standar Nasional Ibu Lisa Rosiana, SE, M.Si; Penyusunan Standar Unit Cost Perumusan Standar Instrumen Pertanian oleh Koordinator Program dan Evaluasi BBPSI Mektan Dr. Harsono; Mekanisme Usulan Kegiatan Standardisasi Instrumen Pertanian dan Penyusunan Rancangan Pagu Indikatif TA 2024 lingkup BSIP oleh Koordinator Perencanaan BSIP. 
 
Acara Kick Off Perencanaan Standardisasi Instrumen Pertanian dilakukan juga Workshop Evaluasi dan Pelaporan Lingkup Badan Standardisasi Instrumen Pertanian TA. 2023. Materi yang disampaikan berkaitan evaluasi antara lain Teknis Panduan Penggunaan dan Evaluasi Pengisian Aplikasi SMART Triwulan I TA. 2023 oleh DJA Kementerian Keuangan; Aplikasi e-Monev BSIP TA. 2023; Evaluasi Pengisian Aplikasi e-Monev Bappenas Triwulan I TA. 2023; Mekanisme Monitoring dan Evaluasi BSN; Koordinasi Internal Evaluasi dan Pelaporan TA 2023; Pengelolaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi oleh Direktur Pengawasan Bidang Pangan ESDA BPKP Dr. Ilham Hidayat, AK.,M.Ec.Dev.