PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Survey Data Siscrop dan Data Panen di Kab. Minahasa




 Survey Data Siscrop dan Data Panen di Kab. Minahasa

 
Jumat, 17 Februari 2023. Sesuai dengan apa yang disampaikan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada seluruh jajarannya di Kementerian Pertanian untuk memantau dan mengawal ketersediaan 12 komoditas pangan sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo. Maka hari ini Tim BPSIP Sulawesi Utara melaksanakan survey pengambilan data siscrop dan data panen di  Kab. Minahasa.
 
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari Dinas Pertanian Kab. Minahasa, pada bulan Januari 2023 luas tanam padi sawah  sawah 950 Ha, luas panen 1.008 Ha, provitas 5,7 ton dan produksi 5.746,6 ton. Untuk prediksi bulan Februari 2023 luas tanam padi sawah 1.000 Ha, luas panen 791 Ha, provitas 5,7 ton dan produksi 4.508,7 ton. Sedangkan prediksi bulan Maret 2023 luas tanam padi sawah 900 Ha, luas panen 888 Ha, provitas 5,7 dan produksi 5.061,6 ton.
 
Selain ke Dinas Pertanian, Tim juga survey langsung ke beberapa kecamatan yang berpotensi padi sawah di Kab. Minahasa. Salah satu petani di Kec. Tondano Timur sedang melaksanakan panen padi sawah seluas 1 Ha, hamparan disekitarnya seluas 220 Ha juga secara bertahap telah melaksanakan panen. Beberapa petani di Kec. Langowan Selatan dalam beberapa hari ke depan akan melaksanakan panen padi sawah. Di Kec. Remboken sebagian besar telah melaksanakan penanaman dengan umur tanaman rata-rata 60 HST. Di Kec. Sonder juga masih dalam tahan penanaman. Sementara di Kec. Kawangkoaan rata-rata petani sedang melaksanakan persiapan untuk penanaman padi sawah.
 
BPSIP Sulawesi Utara akan terus mendukung program Kementerian Pertanian dalam mewujudkan pembangunan pertanian tahun 2023 yang maju, mandiri dan modern.
 
#BPSIPSULUT