PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Memperingati Hari Tani Nasional, Kementan Panen Jagung Nusantara




Minahasa (29/09/21). Peringatan Hari Tani Nasional dilaksanakan secara serentak dengan melaksanakan panen jagung nusantara secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H.

BPTP Sulut yang diwakili oleh Ir. Hartin Kasim hadir dalam acara panen raya tersebut. Hadir juga Pemerintah Kabupaten Minahasa Ir. Wenny Talumewo, Kadis Pertanian Minahasa Ir. Margaretha Kalangi, Danramil Kec. Kakas Jantje Martin Talumewo, Kepala BPP Kec. Kakas, dan Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado diwakili oleh James Assa, SP.

Acara dimulai dengan sambutan dari Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan pertanian adalah lapangan pekerjaan terbesar.

"Pertanian merupakan lapangan pekerjaan terbesar. Apa yang menjadi potensi harus dikembangkan. Saprodi dan fasilitas lainnya yang sudah diberikan oleh pemerintah, harus dimanfaatkan dengan baik. Agar petani dapat meningkatkan hasil produksi pertanian ," tegas Syahrul Yasin Limpo dalam panen jagung nusantara di Desa Banjarsari, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan Jateng.

Tidak hanya itu, SYL mengatakan tujuan adanya panen raya untuk memastikan dan mengoptimalkan produksi dalam negeri, guna memenuhi kebutuhan dalam negeri secara mandiri. Panen jagung nasional diperkirakan berlangsung hingga akhir tahun 2021, dimana perkiraan luas panen bulan September 299.059 hektar.

SYL juga mengatakan ketersediaan jagung dalam negeri dipastikan aman. "Stok jagung dalam negeri dipastikan aman, karna jagung merupakan komoditas yang mudah ditanam diseluruh Indonesia. Dan saya juga meminta kepada semua pihak, termasuk perusahaan pakan untuk lakukan penyerapan jagung dari petani lokal secara maksimal," ungkap SYL.

Acara selanjutnya yaitu panen jagung nusantara yanh disaksikan secara virtual oleh seluruh masyarakat Indonesia.Sulawesi Utara melaksanakan panen jagung nusantara di Desa To'tolan, Kec. Kakas, Kab. Minahasa dengan luas panen 1.5 ha dan varietas yang digunakan adalah Manado Kuning.

Selamat Hari Tani Nasional 2021. Petani Indonesia adalah petani yang maju, mandiri, modern.