PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Utara

DIDAMPINGI BPTP SULUT, KOMDA JPN TOMOHON DIKUKUHKAN BERSAMA 65 KOMDA JPN SELINDO




 Kalasey, 9 September 2021. Dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke 47 Badan Litbang Pertanian, diadakan pengukuhan Komda Jaringan Petani Nasional atau JPN yang tersebar sebanyak 65. Pengukuhan ini merupakan tindak lanjut pengembangan JPN yang telah dibentuk sebelumnya. 

 
Pengukuhan ini diadakan secara luring di Balithi untuk wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat sedangkan via daring untuk Komda selain wilayah tersebut. Selain peringatan HUT Balitbangtan dan pengukuhan JPN, acara ini dirangkaikan dengan Ekspos Inovasi Teknologi Tanaman Hias untuk diseminasi invensi dan inovasi teknologi kepada petani dan stakeholder. 
 
Acara ini dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kepala Balitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, dan Bupati Cianjur Herman Suherman. Acara dimulai dengan Ekspos Inovasi Teknologi Tanaman Hias untuk diseminasi. 
 
Kepala Balitbangtan yang membawakan laporan menyampaikan kegiatan seperti ini akan diadakan setiap tahun untuk memperkenalkan inovasi dan teknologi Balithi. 
 
"Permintaan tanaman hias cukup besar, saat ini kita sudah menghasilkan berbagai varietas salah satunya bunga pacar air yg sudah merajai kontes bunga di luar negeri. Bunga ini hasil perkawinan bunga dari Jepang dengan lokal". Jelas Djufry. 
 
Menteri Pertanian membawakan sambutan sekaligus membuka acara. "Pertanian merupakan sesuatu yg strategis dan hebat. Pertanian bukan hal sepele, pertanian itu harus memiliki kekuatan dasar untuk mendorong kemajuan bangsa. Kita mempunyai kekuatan pertanian yg belum optimal belum didorong" jelas Limpo. 
 
Limpo juga menyampaikan terimakasih kepada Balithi yg sudah berupaya memajukan pertanian tanaman hias nasional. 
 
JPN Komda Tomohon yang dikukuhkan terdiri dari James Mogi dari kelompok tani Krekleli (Ketua), Edison Lala dari kelompok tani Maranatha (Sekretaris) dan Yenny Mogi dari kelompok tani Krisan Indah (Bendahara). Ketiga pengurus Komda ini dikukuhkan via daring di Ruang AOR BPTP Sulawesi Utara.